IKM Logam Diimbau Suplai Produk ke Pabrikan Ternama

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 06 Aug 2017 16:22 WIB
ukm
IKM Logam Diimbau Suplai Produk ke Pabrikan Ternama
IKM (ANT/Ari Bowo Sucipto).

Metrotvnews.com, Tegal: Industri Kecil Menengah (IKM) logam di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, semakin berkembang. Ini dibuktikan dengan adanya IKM yang sudah menyuplai produknya ke pabrikan besar untuk industri alat berat. Di antaranya PT Komatsu, PT Caterpillar, PT Sanwa, PT Astra Honda Motor, PT Astra Daihatsu Motor, dan pabrikan besar lainnya.

Mengingat hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah, meminta agar IKM logam Kabupaten Tegal juga menyuplai komponen otomotif ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

"Ini harus didorong supaya IKM Kabupaten Tegal lebih berkembang dan maju," kata Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah, M Arif Sambodo, di Tegal, Minggu 6 Agustus 2017.
 
Arif mengaku, beberapa waktu lalu TMMIN bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah untuk pengembangan supplier industri komponen bagi produk-produk Toyota. Gubernur menyambut serius agar industri komponen di Jawa Tengah bisa berkembang pesat.

Gubernur melalui Disperindag Jateng telah merekomendasi beberapa industri, diantaranya di Kota Semarang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Tegal, Kabupaten Karanganyar dan sejumlah kabupaten/ kota lainnya.
 
"Ke depan akan kami gali terus potensi industri komponen otomotif di Jawa Tengah. Besar harapan kami Kabupaten Tegal akan bisa menyusul menjadi suplyer bagi TMMIN," harapnya.
 
Untuk mewujudkan hal itu, kata dia, Bapeda Provinsi Jawa Tengah supaya membantu dalam proses pengusulan anggaran pengembangan kompetensi SDM IKM komponen otomotif ataupun fasilitasi lain yang muaranya peningkatan daya saing IKM komponen otomotif di Jawa Tengah.

Dalam perencanaan 2018, ada empat industri yang akan diberikan fasilitasi pendampingan peningkatan mutu bersama-sama dengan TMMIN. Keempat industri itu yakni, di Kabupaten Tegal dua IKM dan di Kabupaten Klaten juga dua IKM.

"Harapan kami, Kabupaten Tegal mampu memproduksi komponen sesuai spesifikasi yang ditentukan TMMIN. Hal ini akan memberikan multiplier effect kepada peningkatan roda perekonomian, membuka lapangan pekerjaan dan membantu mengurangi angka kemiskinan," harapnya.


(SAW)