BI: Big Data Dorong Ekonomi RI Tumbuh 7%

Desi Angriani    •    Rabu, 09 Aug 2017 14:12 WIB
ekonomi indonesia
BI: Big Data Dorong Ekonomi RI Tumbuh 7%
Illustrasi Bank Indonesia (BI). MI/Usman.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan pentingnya peran Big Data dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Pemanfaatan Big Data yang disertai kolaborasi lintas institusi dapat mendorong ekonomi Indonesia  tumbuh hingga tujuh persen.

"Apabila dapat dimanfaatkan dengan baik, akan mampu membawa Indonesia pada lintasan pertumbuhan ekonomi sekitar 7 persen per tahun," kata Agus dalam semunar nasional big data di Function Room Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Bank Indonesia, kata Agus  telah mulai mengintensifkan pemanfaatan Big Data sejak 2014 sebagai salah satu informasi pendukung dalam memperkuat proses pengambilan keputusan di sektor Moneter, Pasar Keuangan, Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP-PUR).

Sejumlah pilot projects dari pemanfaatan Big Data ini menghasilkan sejumlah indikator baru yang bersumber dari berbagai portal online, seperti indeks job vacancy dan indeks harga properti.

"Big Data analytics mulai digunakan secara rutin sebagai bagian dari asesmen framework pengawasan sistem pembayaran. Untuk mendukung itu semua, terus dibangun kapabilitas baru untuk mengolah dan menganalisis Big Data," jelas Agus.

Sementara itu, pemerintah pusat memanfaatkan Big Data untuk pengambilan kebijakan sedangkan pemerintah daerah memanfaatkan Big Data dalam bentuk kota cerdas atau smart city.

"Ini bertujuan mengelola dan mengendalikan sumber daya secara lebih efektif dan efisien guna memaksimalkan pelayanan publik," tutur dia.

Selain lembaga publik, Big Data juga menjadi salah satu acuan di berbagai sektor industri. Di sektor lembaga keuangan, Big Data telah digunakan secara aktif dalam meningkatkan layanan terhadap nasabah serta mendeteksi maupun mencegah penipuan.

"Di sektor perdagangan dan transportasi, Big Data juga telah dimanfaatkan untuk meningkatkan transaksi dan memperluas target pelanggan," tutupnya.

 


(SAW)