Lagarde: Indonesia tak Butuh Pinjaman IMF

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 08 Oct 2018 23:14 WIB
imfIMF-World Bank
Lagarde: Indonesia tak Butuh Pinjaman IMF
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde. (FOTO: AFP)

Lombok Barat: Indonesia dinilai tidak membutuhkan pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF). Ekonomi Indonesia masih tergolong sehat dan baik.

Hal ini terkait dengan bencana alam yang sedang melanda Indonesia, yakni gempa Lombok dan Palu, maupun tsunami di Palu.

"Pinjaman dari IMF bukan pilihan, karena Indonesia tidak membutuhkannya," ujar Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde saat melakukan kunjungan ke daerah terkena bencana di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Senin, 8 Oktober 2018.

Menurut Lagarde, ekonomi Indonesia sudah dikelola dengan sangat baik di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menko Maritim Luhut Pandjaitan, beserta pejabat terkait.

Baca: Menkeu: RI tak Pinjam Utang dari IMF

Lagarde menceritakan, ketika tiga tahun lalu menyiapkan proses penyelenggaraan IMF-WB 2018 di Indonesia, tidak akan ada yang menyangka akan terjadi bencana alam di Indonesia.

Menurut dia, opsi membatalkan pertemuan tahunan di tengah bencana ini bukan sebuah pilihan, karena akan menyia-nyiakan sumber daya yang telah dianggarkan selama tiga tahun terakhir.

"Itu bisa menghilangkan kesempatan besar untuk memamerkan Indonesia ke seluruh dunia serta menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan," tambahnya.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati sebelumnya telah menegaskan Indonesia tidak berniat untuk meminjam dana dari IMF. "Kita tidak meminjam IMF," tegas Ani, di sela-sela acara tahunan IMF-Bank Dunia 2018, Senin, 8 Oktober 2018. di BICC, Nusa Dua, Bali, Senin, 8 Oktober 2018.

Ani menjelaskan IMF hanya memberikan pinjaman pada negara yang mengalami kondisi neraca pembayaran yang buruk. Ani mengatakan saat ini Indonesia tidak dalam kondisi tersebut.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA