Ekonomi Kuartal III Indonesia Masih Baik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 06 Nov 2018 12:38 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Ekonomi Kuartal III Indonesia Masih Baik
Presiden Jokowi menggunakan jaket hujan buatan Bandung. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2018 dinilai masih lebih baik dari negara lain. Meskipun, ada penurunan dari kuartal II 2018 dari 5,27 persen ke 5,17 persen.
 
"Menurut saya masih sangat baik dibandingkan negara lain, kita bisa mempertahankan di posisi 5,1 - 5,2 persen," ujar Jokowi di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.
 
Menurut dia, pertumbuhan kuartal III ini masih didorong konsumsi masyarakat yang di atas 5 persen. Dia berharap dapat ditingkatkan atau minimal dipertahankan.
 
"Ya kita bandingin dengan situasi global ekonomi menurun, perang dagang masih ramai, saya kira pertumbuhan ekonomi di 5,17 persen masih baik," kata Jokowi.

Baca: Kuartal III, Ekonomi DKI Jakarta Tumbuh 6,41%

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto sebelumnya membenarkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2018 lebih rendah. Pada triwulan II 2018 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,27 persen.
 
"Pertumbuhan ekonomi 5,17 persen pada triwulan III-2018, tertinggi didorong oleh konsumsi rumah tangga," kata Suhariyanto.
 
Dari segi komponen, konsumsi rumah tangga menyumbang 55,26 persen terhadap Produk Domestik Bruto. Kemudian, pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 32,12 persen.
 
Belanja pemerintah menyumbang kontribusi 8,70 persen, ekspor berkonstribusi 22,14 persen terhadap PDB. Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT). Sementara itu, impor tercatat negatif 22,81 persen. 




(FZN)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA