DBS Indonesia Lirik Pembiayaaan untuk BUMN yang Bergerak di Infrastruktur

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:33 WIB
dbs indonesia
DBS Indonesia Lirik Pembiayaaan untuk BUMN yang Bergerak di Infrastruktur
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank DBS Indonesia melirik pembiayaan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Khususnya bagi BUMN yang tengah fokus pada pembangunan infrastruktur sebagaimana arahan pemerintah.

Vice President Director Bank DBS Indonesia Peter Suwardi mengatakan, saat ini sudah ada 10 BUMN yang mendapat pembiayaan. Namun dirinya enggan membeberkan BUMN tersebut karena perbedaaan jenis pembiayaan yang diberikan.

"Kita masuk BUMN yang bergerak di dunia infrastrutur, karena itu salah satu dari program pemerintah. Di situ kita masuk, ke depannya yakin pelan-pelan masuk," ujarnya di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2017.

Dirinya menambahkan, kerja sama antara Indonesia dengan Singapura sudah lama terjalin. Namun Peter mengakui jika kondisi BUMN saat ini sudah berubah ke arah yang lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Di bank kita mesti melihat dalam arti kita men-due dilligent. Kita lihat dari segi financial seperti apa, dan so far so good dan kita yakin mungkin program infrastruktur akan berjalan lagi," jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya melihat jika pembangunan infrastruktur Indonesia bisa meniru Tiongkok. Dengan infrastruktur yang memadai maka kompetensi Indonesia untuk berkompetisi dengan negara lain diyakini akan lebih baik.

"Indonesia soalnya strategis, maka perlu ada infrastruktur yang memadai. Maka perbankan sendiri adalah partner untuk untuk menggerakkan semua biar lebih cepat," pungkasnya.

 


(AHL)