Mengapa Penghuni Apartemen Wajib Bayar Iuran Bulanan?

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 06 Oct 2017 07:12 WIB
properti
Mengapa Penghuni Apartemen Wajib Bayar Iuran Bulanan?
Fakta di lapangan banyak penghuni tidak mematuhi kewajiban IPL (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para penghuni apartemen wajib membayar biaya rutin bulanan atau Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL). Namun, fakta di lapangan banyak penghuni tidak mematuhi kewajiban ini.

Pengamat properti dari Collier International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, penghuni mungkin ada yang lupa membayar IPL, karena tidak setiap hari tinggal di apartemen. Ada yang mengunjungi apartemen hanya pada hari itu, lalu pergi berbulan-bulan.

"Penghuni harus diingatkan, tetap berkewajiban membayar IPL," kata Ferry kepada Metrotvnews.com, di Jakarta.

Ferry menegaskan, tidak ada alasan menggugurkan kewajiban membayar IPL, meski penghuni jarang menempati apartemen sekali pun. Kalau penghuni tidak kunjung membayar IPL, menurut dia, pengelola apartemen berhak menjatuhkan sanksi dengan mematikan fasilitas air dan listrik.

Iuran juga berlaku di rumah susun, dengan nominal yang berbeda dari apartemen. IPL di apartemen relatif lebih mahal karena banyak fasilitas yang disediakan di sana. Contoh, fasilitas kolam renang tetap butuh perawatan, meski penghuni berdalih tidak pernah menggunakan.

Tenaga Ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jehansyah Siregar mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 disebutkan bahwa siapa pun yang mempunyai apartemen atau satuan rumah susun wajib membayar IPL.

IPL atau maintenance fee terdiri atas service charge dan sinking fund. Service charge dikenakan oleh pengelola gedung apartemen untuk menutup pengeluaran biaya kantor pengelola meliputi gaji pegawai, biaya peralatan kantor, biaya perizinan, dan administrasi.

Kemudian biaya utilitas meliputi listrik, air, dan gas. Ada juga biaya petugas kebersihan, keamanan, dan engineering yang meliputi biaya perawatan AC, lift, eskalator, dan lain-lain.

Sementara, singking fund merupakan dana cadangan yang dikumpulkan dari setiap unit untuk biaya perbaikan besar atau benda-benda bersifat vital.


(ROS)