Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemerintah Siap Gelar Operasi Pasar jika Harga Meroket

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 07 Dec 2017 19:02 WIB
berita kementan
Pemerintah Siap Gelar Operasi Pasar jika Harga Meroket
Ilustrasi: Penjual daging sapi (Foto:Antara Ampelsa)

Jakarta: Pemerintah siap melakukan operasi pasar jika harga pangan meroket menjelang Natal 2017 dan perayaan pergantian tahun baru 2018. Sejauh ini, stok pangan terpantau aman.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya siap melakukan operasi pasar jika memang diperlukan. Operasi pasar akan dipusatkan pada titik-titik rawan kenaikan harga pangan.

"Setiap provinsi akan diadakan operasi pasar dan pasar murah jika diperlukan," ujar Agung, usai melakukan rapat koordinasi dengan Satgas Pangan, KPPU, dan Perum Bulog di kantor pusat Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurutnya, kenaikan harga pangan kerap terjadi di sembilan provinsi menjelang perayaan besar hari keagamaan. Sembilan provinsi tersebut yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat.

"Dalam rakor kami juga mengundang provinsi yang selama lima tahun terakhir kerap mengalami kenaikan harga jelang hari besar. Kami juga akan melakukan rakor lanjutan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM dan Umum Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Febriyanto mengungkapkan, pihaknya berencana melakukan operasi pasar jika terjadi lonjakan harga yang terlalu tinggi. Intervensi pemerintah diharapkan dapat membuat harga pangan menjadi normal.

"Kita lakukan operasi pasar, terutama untuk komoditas beras medium. Itu kalau diperlukan," ucap Febriyanto.

Ia menegaskan pihaknya berkomitmen untuk menjaga kelancaran distribusi pangan agar bisa sampai ke masyarakat dengan harga yang pas. Namun, faktor cuaca ekstrem menjadi tantangan berat Bulog dalam menjaga distribusi pangan.

"Tantangan kita cuaca. Ada beberapa jadwal perkapalan terganggu karena gangguan cuaca," kata dia.


(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA