Langkah Sandiaga Gempur Kesenjangan Tinggi di Ibu Kota

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 06 Jan 2018 15:39 WIB
kemiskinankesenjangan sosial
Langkah Sandiaga Gempur Kesenjangan Tinggi di Ibu Kota
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Tingkat kesenjangan di lbu Kota DKl Jakarta masih tinggi. Secara nasional, tingkat kesenjangan di Jakarta menempati urutan ke empat, di bawah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Daerah lstimewa Yogyakarta.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat kesenjangan yang dicatatkan dalam gini ratio berada pada angka 0,409. Angka ini melebihi angka nasional yang sebesar 0,391.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKl Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Pemprov DKl tentu menyadari hal tersebut dan memiliki strategi untuk menangani tingkat ketimpangan di kota metropolitan itu.

"Kita akan gempur strategi kita melalui intervensi-intervensi pemerintah," kata Sandi ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta, Sabtu, 6 Januari 2018.

Adapun langkah yang dimaksud yakni melalui gerakan wirausaha satu kecamatan, satu pusat kewirausahaan (ok oce) untuk meningkatkan penghasilan.

Selain itu, Pemprov DKl juga ingin memberikan kebijakan yang bisa menurunkan biaya hidup di ibu kota, atau minimalnya tidak menambah biaya.

"Jadi, ok o-trip untuk pastikan biaya rendah kita ada rumah DP nol rupiah program-program sosial kemarin kita ketemu dengan Kemensos karena masalah-masalah pengangguran kemiskinan dan ketimpangan ini menjadi hal yang sangat esensial di ibu kota," tutur dia.

Lebih jauh dirinya menambahkan, pihaknya tengah menghitung target penurunan ketimpangan dalam masa lima tahun kepemimpinan Anies-Sandi untuk dimasukkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 


(AHL)