Gaya Spontan Amran Memajukan Pertanian Indonesia

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 12 Mar 2018 10:37 WIB
berita kementan
Gaya Spontan Amran Memajukan Pertanian Indonesia
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melantik pengurus DEKOPI periode 2018-2022 (Foto:Dok.Kementan)

Jakarta: Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman sangat identik dengan gaya spontan mendengarkan keluhan petani dan langsung ditanggulangi. Hal itu dilakukanya semata untuk membantu permasalahan petani dan memajukan sektor pertanian Indonesia.

Sikap spontan Peraih gelar Doktor Ilmu Pertanian Unhas tahun 2008-2012 itu terlihat pada acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Dewan Kopi Indonesia, pada Minggu, 11 Maret 2018. Sembari menunggu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga menghadiri acara tersebut, Amran berbaur dan berbincang sambil mendengarkan keluh kesah para pelaku usaha kopi dan petani.  

Pemegang hak Hak Paten Alat Empos Tikus “Alpostran” dari Menteri Kehakiman RI itu bertanya, apa yang harus dilakukan pemerintah agar bisa membangkitkan sektor kopi Indoesia. “Apa yang perlu pemerintah dukung dan berikan untuk Bapak hadirin semua? Konkrie saja jangan bertele-tele, kita selesaikan langsung disini,” demikian tanya Amran.

Mendengar pernyataan tersebut, para peserta langsung menyampaikan uneg-unegnya selama ini. Salah satunya adalah perlunya peremajaan tanaman kopi. 

Mendapati masukkan tersebut, peraih Cumlaude Pasca Sarjana Pertanian Unhas tahun 2002-2003 langsung merespon dengan memanggil Dirjen Perkebunan. Dia memerintahkan pembantunya itu menambah anggaran untuk membantu sektor kopi nusantara.

“Besok langsung di eksekusi yaa,” perintah suami Martati itu.

Tak hanya kali ini saja, respon cepat yang ditunjukkan Amran menyelesaikan pertanian Indonesia selalu ditunjukkan setiap berkunjung ke  400 lebih kabupaten di Indonesia. Seluruh aspirasi langsung direspon dan ditindaklanjuti.

Tak hanya itu, peraih penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 itu juga membuka seluas-luasnya Kementan bagi masyarakat atau asosiasi untuk bertemu langsung denganya dan menyampaikan terkait keluhan serta ide memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Silakan datang dan temui saya bila pas ada di kantor. Demikian pula saat saya dilapanganpun saya akan layani bapak ibu semua untuk urusan pertanian waktu saya 24 jam,” ujar Amran.



(ROS)

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA