Generasi Milenial Lebih Suka Tempati Apartemen Sewa

Desi Angriani    •    Selasa, 05 Dec 2017 17:37 WIB
apartemen
Generasi Milenial Lebih Suka Tempati Apartemen Sewa
Illustrasi. ANT/M Agung Rajasa.

Jakarta: Sebagian besar generasi milenial diprediksi tidak mampu memiliki rumah pribadi di masa mendatang. Generasi yang fasih bermain gadget ini bahkan enggan memiliki Rusunawa atau Rumah Susun Sewa yang murah dan terjangkau.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan generasi milenial akan lebih menyukai apartemen sewa. Hunian vertikal ini dianggap cocok dengan gaya kaum milenial yang aktif dan cenderung mobile.

"Rusunawa, saya kalau bilang rusunawa image kita jaman dulu, jadi generasi milenial enggak tertarik," katanya dalam sebuah jumpa pers di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Untuk menggandeng kaum milenial dalan program sejuta rumah, Kementerian PUPR ke depan akan memprioritaskan pembangunan apartemen sewa dibandingkan rusunawa atau rusunami.  Apartemen sewa ini diperuntukkan bagi milineal dengan pendapatan menengah ke bawah.

"Solusinya tetap untuk generasi milenial kan hidupnya udah kayak hidup di kafe-kafe, mungkin enggak perlu rumah tinggal/landed house, mungkin cocoknya rusunawa," tutur dia.

Selain itu, rusunawa untuk penghuni lajang juga sudah tidak laku lantaran generasi saat ini lebih memilih mencari hunian bertipe keluarga. Keterbatasan lahan untuk membangun rumah tapak juga menjadi kendala bagi program sejuta rumah.

"Selama ini kita buat rusunawa dengan tipe lajang enggak laku. Ternyata mereka ingin bawa keluarga. Akhirnya kita tahun ini mulai ubah, tipe lajang enggak ada, adanya tipe keluarga tipe 36," tambah dia.

Sekadar informasi hanya lima persen kaum milenial yang diprediksi memiliki tempat tinggal sendiri. Sisanya 95 persen tak mampu membeli rumah.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA