Kementan Sergab Hasil Panen di Banten

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 14 Mar 2018 12:30 WIB
berita kementan
Kementan Sergab Hasil Panen di Banten
Kepala BKP Kementerian Pertanian RI Agung Hendriadi memantau langsung panen raya padi di Desa Cipeucang Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten (Foto:Dok)

Jakarta: Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian RI Agung Hendriadi memantau langsung panen raya padi di Desa Cipeucang Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten. Pemerintah langsung menyerap gabah hasil panen raya untuk mengejar target produksi beras nasional.

Agung menyatakan, pemerintah menargetkan, target penyerapan beras pada panen raya semester I tahun 2018 sebesar 2,2 juta ton. Diharapkan, operasi serapan gabah (sergab) di seluruh wilayah Indonesia bisa dilakukan dengan maksimal.

"Serap gabah ini ditujukan untuk mengisi cadangan pangan pemerintah, target nasional  2,2 juta ton harus tercapai," kata Agung dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Maret 2018.

Agung mengungkapkan, Banten menjadi salah satu provinsi yang berkontribusi dalam mengisi cadangan pangan pemerintah. Target sergab pada semester I sebesar  65 ribu ton.

Khusus di Desa Cipeucang, luas areal panen raya semester I tahun 2018 yang ditanami varietas Ciherang, Mekongga, Inpari 33 mencapai 426 hektare. Pemerintah melalui melalui Koperasi Primer Kodim Lebak langsung membeli Gabah Kering Panen (GKP) dengan harga Rp4.300 /kilogram (Kg).

Upaya pemerintah langsung menyerap gabah petani dengan harga yang tinggi diapresiasi oleh para petani. Seperti disampaikan oleh Ketua Gapoktan Mulyatani Desa Cipeucang, Kab. Lebak Hidayat. "Biasanya kalau lagi panen begini kami selalu khawatir, karena harga pasti anjlok, tapi kali ini kami sangat terbantu," ujar dia.

Selain itu, Hidayat juga mengutarakan bahwa produktivitas panen petani turut meningkat dengan adanya bantuan combine harvester dari pemerintah. "Ketika belum mendapat bantuan combine, kami biasa  panen dengan cara manual sehingga banyak kehilangan pasca panen," ujarnya.

Selain membeli gabah langsung dari sawah, Ketua I Pelaksana Tim Sergap Kementerian Pertanian RI itu juga memfasilitasi kerja sama antara Sinar Malingping sebagai mitra Bulog untuk memasok beras sebanyak 200 ton per dua minggu ke Divre Bulog Banten.

Selain meninjau panen raya di Desa Cipeucang, tim safari sergab di Provinsi Banten juga melihat proses panen di Desa Suka Damai dan Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

Turut mendampingi Kepala BKP adalah Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP Beny Rachman serta turut hadir Divre BULOG DKI dan Banten, Dinas Ketahanan Banten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lebak, Kepala Dinas Ketahanan Pandeglang, Kepala BPTP Banten, Jajaran Kodim Lebak dan Banten, beserta Mitra Bulog.


(ROS)