Mudik Gratis Kementerian BUMN Pecahkan Rekor MURI

Annisa ayu artanti    •    Senin, 19 Jun 2017 13:30 WIB
bumnmudik
Mudik Gratis Kementerian BUMN Pecahkan Rekor MURI
Sejumlah perusahaan BUMN melepas para pemudik (MTVN/Annisa Ayu Artanti).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kegiatan mudik gratis yang diadakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama perusahaan BUMN tahun ini memecah rekor sebagai mudik dengan peserta terbanyak di Indonesia.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat dibandingkan dengan tahun lalu, peserta mudik tahun ini mengalami peningkatan 28,48 persen. Tahun lalu tercatat peserta mudik gratis hanya 92.041 pemudik. Sedangkan tahun ini mencapai 118.220 pemudik.

"Tahun ini naik 29 persen dan sinergi BUMN sudah betul-betul terasa. Ini sinergi dari 28 perusahaan BUMN. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh direksi BUMN yang ikut serta dalam mudik bareng ini," kata Menteri Rini usai menerima piagam MURI dari Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, di TMII, Jakarta Timur, Senin 19 Juni 2017.

Rini menjelaskan, mudik bersama ini sudah dilakukan selama 10 tahun terakhir. Selain mempererat silahturahmi mudik bersama ini juga untuk meminimalisir kecelakan yang sering terjadi saat mudik tiba. Terutama jika mudik menggunakan motor.

Hal itu sangat ditekankannya karena kurang lebih 75 persen kecelakaan saat mudik adalah pengguna sepeda motor.

"Jadi Mudik Bareng BUMN ini juga menjadi solusi untuk mengurai kemacetan selama mudik, sekaligus untuk menekan jumlah angka kecelakaan mudik," ucap Rini.

Sekadar informasi, pada mudik kali ini perusahaan BUMN menyediakan mudik dengan tujuan yang lebih banyak dari pada tahun lalu yakni 84 kota di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Adapun beberapa moda transportasi yang digunakan dalam mudik bareng tahun ini adalah 1.920 unit bus, 11 rangkaian kereta api, 18 kapal, dan 24 pesawat.


(SAW)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA