Kereta Trans Sulawesi Bisa Dimanfaatkan di 2019

   •    Minggu, 18 Jun 2017 15:09 WIB
trans sulawesi
Kereta Trans Sulawesi Bisa Dimanfaatkan di 2019
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Makassar: Pembangunan rel ketera api (KA) Trans Sulawesi masih terus digenjot. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meyakini jika proyek ini sudah bisa dimanfaatkan pada 2019, meski belum bisa untuk angkutan penumpang.

Budi Karya mengatakan, KA Trans Sulawesi khususnya di Sulsel itu sudah menjadi pembahasan di tingkat pusat, baik bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, bahwa proyek kereta api ini akan terus berjalan.

"Hanya saja, kita akan mendahulukan KA di Sulsel sebagai angkutan logistik. Karena kita tau, di Sulsel dan khususnya Pangkajene Kepulauan (Pangkep) ada empat pabrik semen di sana butuhkan angkutan butuh angkutan batu bara," jelas Budi Karya dikutip dari Antara, Minggu 18 Juni 2017. 

Mulai tahun ini, pembiayaan pembangunan infrastruktur KA Sulsel masih menggunakan surat berharga syariah negara (SBSN), dan kedepannya, jelas Budi Karya, pemerintah sedang mengusahakan ada swasta yang ikut berinvestasi, agar Kereta Api Sulsel menjadi contoh secara nasional dan punya kereta api yang visebel secara komersial.

"Ini adalah proyek yang membaganggakan, dan bisa jadi contoh internasional. Panjang rel kereta api dari Makassar ke Parepare 145 km.Kita kembangkan 100 km, sehingga empat pabrik semen itu bisa terlayani dengan baik. Sehingga truk-truk pengangkut tidak menggangu dan merusak jalanan," urai Budi Karya.

Untuk 2017 ini, disiapkan anggaran Rp1,2 triliun dari SBSN. Termasuk dari swasta. 

"Tahun depan anggarannya ada juga dari SBSN. Saya harap semua bisa selesai dalan waktu enam bulan ini. Saya bisa selesaikan itu. Insya Allah 2019 relnya bisa selesai," seru Budi Karya.

Pada 2018 nanti disiapkan juga anggaran sebesar Rp6 triliun untuk pembangunan rel kereta api. 

"Terkait pembebasan lahan, sampai tahap sekarang tidak ada masalah. Nanti kalau masuk Makassar, tentu akan dibantu Pak Gubernur agar tidak bermasalah," tegas Budi Karya.



(SAW)

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif
Biaya Isi Ulang Uang Elektronik Diatur

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif

53 minutes Ago

Seharusnya Bank Indonesia (BI) memberikan insentif bagi masyarakat karena sudah membantu menjal…

BERITA LAINNYA