Menperin Ingin Produksi Otomotif Dalam Negeri Tambah Konten Lokal

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:30 WIB
industri otomotif
Menperin Ingin Produksi Otomotif Dalam Negeri Tambah Konten Lokal
Menperin Airlangga Hartarto saat membuka pameran GIIAS 2017. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato menginginkan penambahan konten lokal dalam produksi otomotif di dalam negeri. Dengan adanya penambahan ini maka nilai tambah terhadap industri lainnya akan mengikuti sehingga berdampak besar terhadap perekonomian.

"Saat ini ada 36 perusahaan di sektor otomotif termasuk sole agent, distributor, dan pabrikan. Untuk itu nilai tambah terhadap lokal konten diharapkan dapat meningkat," kata Airlangga dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE BSD City, Tangerang, Kamis 10 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, kondisi ini dapat memberikan nilai positif apalagi jika produksi kendaraan bermotor Indonesia bisa diekspor ke luar negeri. Hanya saja sampai sekarang ini masih terdapat sejumlah hambatan sehingga dibutuhkan regulasi serta insentif khusus bagi industri otomotif.

"Saat ini terdapat 1.500 perusahaan komponen otomotif yang terbagi dalam tier 1,2, dan 3. Dengan posisi ini, tentu ekspor menjadi sangat terbuka, dan kementerian menyiapkan kebijakan agar ekspor itu dapat meningkat dengan menyamakan regulasi insentif terkait mobil sedan, yang diminati di luar negeri," jelas dia.

Data dari Gaikindo menyebutkan jika terjadi peningkatan ekspor hingga 20 persen selama Januari hingga Juni 2017. Sementara untuk keseluruhan tahun ini ekspor mobil ditargetkan mencapai 200 ribu unit.

Sayangnya produksi mobil di Indonesia masih mengalami penurunan. Pada periode Januari-Juni 2017 produksi mobil mengalami penurunan hingga 0,7 persen dari kapasitas produksi saat ini adalah 2,2 juta unit.

 


(AHL)