Bank Indonesia Mencukupi Kebutuhan Uang Tunai saat Ramadan

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 19:45 WIB
bank indonesia
Bank Indonesia Mencukupi Kebutuhan Uang Tunai saat Ramadan
Ilustrasi Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan uang yang beredar saat bulan Ramadan nanti akan menjadi puncak tertinggi peredaran uang tunai sepanjang 2017.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan, rata-rata uang tunai yang beredar selama sepuluh tahun mengalami kenaikan sebesar 14 persen. Tahun ini diperkirakan uang tunai yang beredar juga akan meningkat 14 persen dari tahun lalu sebesar Rp146 triliun menjadi Rp167 triliun.

Pada saat Lebaran, uang yang diedarkan BI akan mencapai puncak tertinggi pada 2017 yakni sebesar Rp691 triliun.

baca : BI: Penukaran Uang Lebaran di Sumut Terus Meningkat

"Ini akan buat posisi Lebaran uang yang diedarkan BI mencapai tertingginya selama 2017, Rp691 triliun," kata Agus dalam konferensi pers di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Agus menjelaskan, BI telah memprediksi, peningkatan uang tunai yang beredar pada musim lebaran disebabkan karena jumlah hari libur yang cukup banyak dibandingkan dengan 2016. Kemudian, karena bertepatan pada hari libur anak sekolah. Serta, pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR).

"Tingginya uang tunai yang beredar karena jumlah hari libur cukup banyak dibandingkan 2016 yaitu sembilan hari, tahun lalu hanya enam hari. bertepatan hari libur sekolah, pembayaran gaji THR PNS," jelas Agus.

Oleh karena itu, BI menyatakan kesiapan untuk memenuhi uang tunai pada musim Lebaran mendatang.

"Terkait bulan Ramadan kesiapan Bank Indonesia penuhi kebutuhan uang tunai, kas siap edar kita cukupi," pungkas dia.

 


(SAW)