Pelindo II-Djibouti Ports Teken MoU Kepelabuhan

Cecylia Rura    •    Selasa, 10 Apr 2018 21:27 WIB
pelindo
Pelindo II-Djibouti Ports Teken MoU Kepelabuhan
Illustrasi. ANT/Wahyu Putro.

Nusa Dua: PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) menandatangani kesepakatan bersama (MoU) mengenai kerja sama di bidang kepelabuhan dengan Djibouti Ports. MoU ini ditandatangani oleh Direktur Operasi dan Sistem Informasi Pelindo II Prasetyadi dan Direktur Administrasi Djibouti Ports and Free Zones Authority Mohamed Aden Cheikh.

MoU ini meliputi kerja sama pengembangan pelabuhan, promosi, pelayanan pelanggan, dan pengembangan yang menguntungkan bisnis maritim serta perdagangan internasional kedua negara.

"Pertumbuhan ekonomi Afrika tertinggi kedua setelah Asia. Kerja sama dengan negara-negara Afrika sangat penting bagi Indonesia. MoU ini merupakan bentuk dukungan Pelindo II pada program Kemenlu yang dapat menjadi langkah awal dalam menjalin hubungan baik antara Indonesia dan Afrika,"ujar Prasetya.

Dia menambahkan, Pelindo II mengarahkan pengelolaan pelabuhan di Djibouti sebanyak satu terminal. Usai penandatanganan MoU ini, Pelindo II akan membentuk tim bersama untuk mempercepat implementasi.

"Targetnya tahun ini sudah harus tandatangan kerja sama operasi," katanya.

Prasetya menjelaskan, Pelabuhan Djibouti Port merupakan yang terbesar di Afrika, dengan jumlah penduduk 800 ribu. Hal ini membuat mereka sebagai pintu gerbang masuk Afrika sebelah timur.

Meski demikian, dia mengakui ada saingan Pelindo II di wilayah tersebut, yaitu dari Marshline dan Singapura.

Dia juga menambahkan, kesepakatan ini difokuskan di pengembangan bidang teknologi dan peningkatan operasional.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA