BTN Kaji Kredit Pendidikan dengan Bunga Nol Persen

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 10 Apr 2018 19:50 WIB
btn
BTN Kaji Kredit Pendidikan dengan Bunga Nol Persen
BTN. ANT/Yudhi Mahatma.

Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengkaji kemungkinan kredit pendidikan dengan bunga nol persen. Saat ini BTN menawarkan  kredit pendidikan dengan plafon hingga Rp200 juta dan bunga sebesar 6,5 persen flat selama lima tahun.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, kredit pendidikan selama ini masuk dalam kategori kredit tanpa agunan (KTA) dengan pertumbuhan sebesar 15 persen. Menurut dia, BTN bisa saja menetapkan bunga kredit untuk segmen ini sebesar nol persen.

"Nol persen masih dalam kajain, tapi diarahkan bunganya menurun atau rendah. Idelnya nol persen bisa," kata dia ditemui usai Peluncuran Kredit Pendidikan di Gedung Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 10 April 2018.

Dirinya menambahkan, bunga nol persen bisa saja jika dana yang disalurkan oleh bank adalah dana dari pemerintah. Artinya bank hanya dibebankan biaya operasional saja sehingga pemerintah yang akan membantu pendanaan untuk kredit pendidikan.

"Misalnya pemerintah mendapat bantuan dari lembaga international biasanya bunga di-nol-kan. Pemerintah memberikan bisnis pendidikan sehingga bank dapat fee based, dan pemerintah bisa menjamin kalau kredit macet," jelas dia.

BTN menandatanganani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 23 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain meluncurkan program ini, BTN juga melakukan penandatanganan akad kredit kepada mahasiswa/ mahasisiwi yang menerima fasilitas Kredit Pendidikan BTN.

"Kami akan menggandeng 101 universitas untuk mempermudah masyarakat mengakses kredit pendidikan BTN. Kami akan terus menggelar kemitraan serupa dengan Perguruan Tinggi lainnya sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan tinggi," pungkasnya.


(SAW)