Bulan Ini, BI Rilis Aturan QR Code

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 06 Apr 2018 20:44 WIB
QR Code
Bulan Ini, BI Rilis Aturan QR Code
Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memastikan bakal merilis aturan terkait sistem pembayaran yang menggunakan kode QR atau Quick Response Code di April ini. Saat ini, bank sentral masih mengembangkan ‎standardisasi QR code.

K‎epala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko menjelaskan aturan kode QR akan diterapkan bulan ini. Tapi, prosesnya yang terjadi saat ini masih dalam tahapan pemetaan konsep.

Setelah itu, tambah Onny, akan ada uji coba terlebih dahulu, sebelum dirilis ke khalayak umum.

"Sudah pemetaan konsep, setelah itu piloting, terbit bulan ini," ucap Onny, ‎ditemui di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat, 6 April 2018.

Pada kesempatan sama, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan dengan adanya fitur QR Code, maka akan ada standardisasi yang bisa diterapkan.

"‎QR yang ditap itu akan ada standar. Kalau sudah standar akan jadi lebih mudah. Tidak usah masing-masing punya standar, pakai satu QR code, sudah bisa kita gunakan dibanyak instrumen," tambah Mirza.

Penggunaan QR Code, ‎dia menyebutkan, sejalan dengan dukungan BI dalam berinovasi di era ekonomi digital saat ini. Tapi, tetap dalam sikap kehati-hatian, agar terhindar dari serangan siber.

‎‎"BI sebagai regulator di sisi pembayaran akan terus dorong inovasi ini, tapi kita juga harus ada regulasi terkait kehati-hatian untuk melindungi. Jangan sampai rentan dari serangan siber, itu yang ditakutkan," tutup Mirza.


(AHL)