Pergantian Direksi BUMN untuk Memilih Orang yang Tepat

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 12 Sep 2018 15:59 WIB
bumn
Pergantian Direksi BUMN untuk Memilih Orang yang Tepat
Menteri BUMN Rini Soemarno. ANT/Hafidz Mubarak A.

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sengaja merombak direksi beberapa perusahaan pelat merah pada belakangan ini untuk mencari siapa yang tepat untuk memimpin dan mengurus perusahaan.

Hal itu sekaligus menanggapi usulan perubahan jajaran direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yakni jabatan direktur utama yang saat ini diduduki Pahala N Mansury. Ia mengatakan perombakan dilakukan lantaran ingin menetapkan orang-orang yang benar-benar ahli untuk menduduki kursi direksi.

"Ada putar-putaran. Di mana expertise-nya (keahliannya) kita lihat, yang satu lebih baik di sini, yang satu ke tempat lain," kata Rini saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, 12 September 2018.

"Ya biasa putaran. Tempat-tempat yang kita lihat oh lebih dibutuhkan di daerah ini adalah untuk expert ini. Jadi ada dasar-dasar itu,"  tambah dia.

Namun demikian, ia menegaskan, dalam menyusun orang-orang penting di tubuh perusahaan pelat merah dirinya selalu melihat operasional yang telah dicapai selama satu tahun dan proyeksi kedepannya. Untuk garuda, ia melihat tantangan maskapai pelat merah tersebut besar sehingga membutuhkan orang baru untuk memimpin.

"Jadi itu semua kita analisa secara total. Tujuannya untuk tingkatkan kinerja BUMN, kerja lebih erat antara dewan komisaris dan direksi," pungkas dia.

Belakangan ini Kementerian BUMN memang merombak beberapa jajaran direksi perusahaan pelat merah. Mulai dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, sampai PT Perusahan Gas Negara (Persero) Tbk awal pekan lalu. Kemudian, pada hari ini melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia, Rini mengusulkan perubahan pengurus perseroan. 


(SAW)