TBN Asia: Retas Kemiskinan Melalui Gagasan dan Amal

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 02 Aug 2018 23:04 WIB
kemiskinan
TBN Asia: Retas Kemiskinan Melalui Gagasan dan Amal
CEO TBN Asia Melvyn Mak. Medcom/Ayu.

Jakarta: Meretas kemiskinan dan kesenjangan sosial memang menjadi fokus dan misi Transformational Business Network Asia (TBN Asia). TBN Asia memiliki visi membangun yayasan, filantropis, pendanaan, dan pengembangan wirausaha supaya memberi dampak sosial berkelanjutan untuk melawan kemiskinan.

CEO TBN Asia Melvyn Mak dalam wawancaranya dengan Medcom.id mengatakan, salah satu cara yang perlu dilakukan untuk memperkecil jarak kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin adalah dengan menggabungkan antara gagasan atau ide dengan aksi sosial dalam hal ini sumbangan atau beramal.

"Dalam menekan kemiskinan kita membawa gagasan dan kita perlu juga perlu bergerak melalui model-model donasi dan amal," kata Melvyn di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis, 2 Agustus 2018.

Salah satu proyek yang akan digarapnya adalah proyek antara PT Bumdesa Indonesia dan TBN Asia di Karimun Jawa. Ia mengatakan proyek ini adalah kelanjutan dari penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) pada Juni lalu.

"Dengan Bumdesa kita sudah tanda tangan Juni lalu," ucap Melvyn.

Sementara itu, CEO Bumdesa Indonesia, Dina Ardiyanti menjelaskan, proyek yang akan dilakukan bersama TBN Asia ini merupakan proyek yang berbasis pariwisata ramah lingkungan (eco tourism).

Proyek itu akan memanfaatkan komponen-komponen lokal seperti, pemanfaatan lahan untuk berkebun, pemanfaatan lahan untuk pembangunan penginapan, pengembangan sumber daya manusa, dan edukasi lingkungan termasuk terumbu karang.

"Rencana kedepan community base di Karimun Jawa," ucap Dina.

Tujuan dari proyek itu selain memanfaatkan komponen lokal, juga untuk mensejahterakan masyarakat setempat.

"Melalui proyek itu masyarakat akan lebih berkembang dan diharapkan jauh dari kata miskin," kata Dina.

TBN Asia dan Bumdesa Indonesia menargetkan Desember 2018 proyek ini selesai dan bisa dibuka untuk publik.

Sementara itu, Melvyn melanjutkan, selain dengan program-program yang menggabungkan bisnis perusahaan dan kegiatan sosial, TBN Asia juga menggelar TBN Asia Conference 2018 yang diadakan di Hotel Grand Mercure Jakarta.

Acara itu menjadi wadah untuk berbagi pendapat, cerita, dan pengalaman mengenai kegiatan perusahaan, bisnis, dan sosial yang sesuai dan sejalan dengan TBN Asia yaitu melawan kemiskinan.


(SAW)