Taspen Siap Terbitkan Kartu Pintar untuk Pensiunan

   •    Rabu, 30 Nov 2016 13:06 WIB
taspen
Taspen Siap Terbitkan Kartu Pintar untuk Pensiunan
Direktur Utama Taspen Iqbal Lantaro (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Taspen (Persero) segera menerbitkan kartu pintar atau smart card yang dapat digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) pada 29 November 2016.

"Pada tahap awal dalam satu tahun pertama ditargetkan sebanyak 2,6 juta pensiunan dan PNS aktif bisa menggunakan kartu pintar," kata Direktur Utama Taspen Iqbal Lantaro, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dengan kartu pintar maka layanan kepada pensiunan bisa lebih mudah dan lebih cepat mulai dari pengambilan uang pensiun, penagihan klaim, hingga untuk pembayaran tagihan listrik, air, tv berbayar dan lainnya.

Baca: Premi Taspen Life Tumbuh 415%

"Pihaknya berusaha menyelesaikan kerja sama kartu pintar dengan Telkom. Kita targetkan akhir 2016 kartu pintar tersebut sudah diterbitkan," tegasnya.

Baca: Taspen Integrasi Data dengan BPKP

Iqbal menjelaskan kartu pintar tersebut berisi data base peserta, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan berbagai kartu identitas karena semua sudah dimasukkan berbasis teknologi biometrik.

"Dengan kartu pintar ini peserta Taspen tidak lagi perlu datang ke Kantor Taspen untuk keperluan klaim dan sebagainya, karena sudah terdata dan tersambung ke smartphone," ujar Iqbal.

Baca: Taspen Akuisisi Saham Pos Indonesia di Bank Mantap

Jika program tersebut dilanjutkan maka dalam lima tahun ke depan seluruh peserta Taspen sudah menggunakan kartu pintar berbasis teknologi biometrik itu. Kerja sama dengan Telkom tambah Iqbal, merupakan sinergi antar-BUMN, terutama bagi Taspen dalam menyediakan layanan maksimal kepada masyarakat.

 


(ABD)