Permata Syariah Belum Berencana Spin Off Tahun Depan

Eko Nordiansyah    •    Senin, 21 Nov 2016 20:09 WIB
bank permata
Permata Syariah Belum Berencana <i>Spin Off</i> Tahun Depan
Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Achmad K Permana (tengah). MI/ATET DWI PRAMADIA.

Metrotvnews.com, Jakarta: Unit Usaha Syariah Permata Bank belum berencana melepaskan diri dari induknya atau spin off. Setidaknya dalam waktu dekat atau untuk tahun depan, Unit Usaha Syariah Permata Bank belum akan melaksanakan anjuran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk spin off.

"Kalau di Permata, kita tahun depan, belum ada rencana untuk spin off," kata Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Achmad K. Permana ditemui di kantor BNI Syariah, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Dirinya menjelaskan, spin off tidak secara otomatis akan menambah aset Unit Usaha Syariah Permata Bank. Setidaknya spin off akan dilakukan ketika ada konsolidasi dari induk usaha sehingga bisa berkontraksi dengan pertumbuhan bisnis Permata Bank secara keserluruhan.

"Kelamaan kondolidasi, kita mau spin off dengan infrastruktur yang betul dan memadai. Kemudian juga dukungan industri juga jangan sampai putus, gara-gara kita spin off nanti," jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya menyebut jika rencana spin off baru akan dibahas pada 2018. Padahal, OJK mengharuskan setiap unit usaha syariah bisa melakukan spin off paling akhir pada 2023.

"Kita masih 2018 baru kita pasang strateginya, dua sampai tiga tahun kemudian baru kita pasang spin off. Karena kita juga mau ada regulasi, dan dukungan dari OJK," lanjut Permana.

Meskipun begitu, Permana mengakui jika induk usaha akan tetap menambahkan modal untuk unit usaha syariahnya. Setidaknya tahun depan Permata Bank akan menyuntikan dana sebesar Rp5,5 triliun untuk unit usaha syariah Permata Bank.

 


(SAW)