Murdaya Harap Pemerintah Turunkan PPh Badan Dukung Amnesti Pajak

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Sep 2016 14:08 WIB
tax amnesty
Murdaya Harap Pemerintah Turunkan PPh Badan Dukung Amnesti Pajak
Murdaya Poo (Foto: MetroTV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah kini tengah giat mengajak pengusaha untuk ikut program amnesti pajak atau tax amnesty. Hal itu dilakukan guna menarik kembali dana-dana pengusaha Indonesia yang disimpan di luar negeri.

Namun demikian, pemerintah harus memastikan tarif pajak di Indonesia kompetitif dengan negara lain, utamanya Pajak Penghasilan (PPh) badan. Karena menurut pengusaha besar nasional, Murdaya Widyawimarta Poo, penurunan tarif PPh badan mampu mencegah dana pengusaha lari lagi ke luar negeri.

"Amnesti Pajak yang tidak dibarengi dengan (penurunan tarif) PPh akan gagal lagi seperti yang sebelumnya. Nanti balik lagi ke Cayman Island (negara suaka pajak). Sebab kalau sudah rendah, ngapain ke luar negeri lagi," ujar Murdaya, di Kanwil DJP Jakara Selatan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Penurunan tarif PPh badan diyakini akan meningkatkan gairah investor menanamkan modalnya di Indonesia. "Nanti akan menarik sekali investiasinya dengan PPh (badan) katanya akan diturunkan seperti Singapura," imbuhnya.

Untuk diketahui, tarif PPh badan di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Saat ini, tarif PPh badan di Indonesia sebesar 25 persen, lebih tinggi dibanding Singapura sebesar 17 persen dan Thailand 23 persen.

Murdaya meminta agar Pemerintah Indonesia membela pengusaha yang memiliki dana di Singapura dan berkeinginan ikut amnesti pajak. Dengan demikian, para wajib pajak tersebut terlindungi saat ikut amnesti pajak di Indonesia.

"Selama ini belum ada kesulitan. Tapi diharapkan Pemerintah Indonesia komitmen untuk bela pengusaha Indonesia yang punya aset di Singapura," pungkas Murdaya.

 


(ABD)