Pemprov Papua Minta Badan Usaha Jasa Konstruksi Lebih Produktif

   •    Rabu, 19 Oct 2016 15:10 WIB
papua
Pemprov Papua Minta Badan Usaha Jasa Konstruksi Lebih Produktif
Illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua meminta badan usaha jasa konstruksi di wilayahnya untuk lebih produktif sehingga dapat bersaing menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kualitas konstruksi yang unggul, sangat bergantung pada sumber daya manusia pelaksananya, karena itu, peningkatan kompetensi tenaga ahli dan terampil, mutlak diperlukan.

"Contohnya dalam sebuah tender, dimana sebuah badan usaha menang, itu bukan kebijakan yang proteksionis, tapi memang yang bersangkutan memiliki daya saing baik sehingga unggul," katanya dikutip dari Antara, Selasa (19/10/2016). 

Menurut Lukas, pemerintah provinsi tak berkeinginan ada proyek infrastruktur yang mengancam keselamatan jiwa maupun harta benda, sebagai akibat dari adanya kesalahan perencanaan dan konstruksi.

"Di lain pihak, pemerintah provinsi juga menyadari bahwa pembinaan jasa konstruksi bukanlah suatu pekerjaan yang ringan, karena harus melibatkan semua pihak," ujarnya.

Dia menuturkan oleh karena itu, diperlukan semacam blue print (cetak biru) pembinaan jasa konstruksi agar setiap stakeholder mampu memahami dan melaksanakan wewenang sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

"Makanya, kami yakin lembaga yang mengelola jasa konstruksi ini akan terus berbuat yang terbaik, supaya ke depan keunggulan dibidang jasa konstruksi semakin tinggi pula," katanya lagi.

Dia menambahkan pengembangan badan usaha jasa konstruksi menjadi lebih produktif ini diharapkan dapat bersaing pula di pasar global.





(SAW)