BI: DP 0% dalam Pembiayaan Perumahan Itu Salah

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 17 Feb 2017 18:22 WIB
bank indonesiaperumahan
BI: DP 0% dalam Pembiayaan Perumahan Itu Salah
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memiliki impian agar masyarakat Jakarta bisa memiliki rumah. Impian tersebut akan direalisasikan dengan cara pemberian pinjaman untuk kredit rumah murah.

Mekanisme yang digunakan oleh Anies-Sandi dengan cara memberikan skema uang muka atau down payment (DP) nol persen. Nantinya, jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan menggandeng Bank DKI.

Skema ini diajukan sebagai solusi pada warga yang sulit mendapatkan rumah karena terbentur membayar DP. Warga yang ingin rumah murah harus menabung selama enam bulan di Bank DKI.

Mendengar hal itu, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo angkat bicara. Menurut dia, bank sentral mempunyai aturan khusus terkait loan to value (LTV) untuk pembiayaan properti. Di aturan yang telah ditentukan, sudah ada besaran uang DP untuk penyaluran kredit properti.

"Harus ada minimum DP untuk penyaluran kredit properti. Kalau seandainya nol persen itu menyalahi (ketentuan)," ucap Agus, ditemui di komplek perkantoran BI, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2017‎.

Menurut Agus, program uang DP nol persen sebaiknya tidak dilakukan. Ketika rencana itu dilakukan, otoritas akan memberikan teguran. "Sebaiknya jangan dilakukan, karena nanti akan mendapatkan teguran dari otoritas," jelas Agus.

Anies-Sandi meyakini program rumah untuk warga Jakarta bukanlah mimpi. Calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 itu punya cara khusus untuk mewujudkannya.

"Masalah warga Jakarta adalah punya rumah. Kendalanya bukan tidak mampu kreditnya, tapi beban DP-nya. Besar sekali," kata Anies.

Anies berjanji bakal menyiapkan fasilitas kredit. "Jakarta punya Bank DKI. Asetnya Rp1.000 triliun. Dibagi penduduk Jakarta, sekitar 100 juta per orang," ucap Anies.

Sandiaga Uno mengaku memiliki pengalaman di bidang tersebut. Sebagai orang yang berlatar belakang ekonomi, ia sudah menghitung. Artinya warga Jakarta bisa punya rumah.

"Skema perbankan kerja sama dengan skema. Saatnya warga Jakarta mewujudkan mimpinya," ucapnya.

Jika menang di Pilkada DKI Jakarta, Anies-Sandi menjanjikan pinjaman untuk kredit rumah murah bagi warga Jakarta. Rumah murah akan direalisasikan dengan skema down payment (DP) nol persen bekerja sama dengan Bank DKI.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA