TPID Denpasar Gelar Pasar Murah Nyepi-Galungan

   •    Senin, 20 Mar 2017 15:05 WIB
inflasi
TPID Denpasar Gelar Pasar Murah Nyepi-Galungan
Warga memilih sayuran di arena pasar murah (Foto: dokumentasi Artha Graha Peduli)

Metrotvnews.com, Denpasar: Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Denpasar menggelar pasar murah berbagai kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Nyepi, Galungan, dan Kuningan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasaran.

"Kami harapkan dengan pasar murah ini masyarakat ada alternatif lain membeli kebutuhan lebih murah," kata Kepala Bidang Metrologi dan Tertib Niaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Jarot Agung Iswayudi, seperti dikutip dari Antara, di Denpasar, Senin 20 Maret 2017.

Jarot menjelaskan pasar murah tersebut dilaksanakan oleh Disperindag Denpasar di bawah koordinasi TPID Denpasar bersama dengan Bank Indonesia, Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia, Pertamina, Hiswana Migas, dan salah satu distributor minyak goreng.

Sejumlah kebutuhan pokok dijual dengan harga lebih murah, di antaranya minyak goreng kemasan, beras, bawang merah, cabai, gula pasir, buah-buahan, dan elpiji tiga kilogram.

Minyak goreng bermerak kemasaran ukuran dua liter misalnya dijual Rp26 ribu, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp30.500, minyak goreng lima liter dijual Rp68 ribu lebih murah Rp10 ribu dibandingkan dengan harga pasaran yang mencapai Rp78 ribu.

Cabai merah, Jarot mengatakan, dijual Rp50 ribu per kilogram lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran yang berkisar Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram. Bawang merah dijual Rp32 ribu per kilogram, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp35 ribu hingga Rp38 ribu.

Sementara itu, beras C4 dijual Rp48 ribu per lima kilogram, dan elpiji tiga kg dijual sesuai harga eceran tertinggi yakni Rp14.500.

 


(ABD)