Bank Mandiri Dorong Rencana Penyaluran KUR ke Petani dan Nelayan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 25 Nov 2016 19:15 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Dorong Rencana Penyaluran KUR ke Petani dan Nelayan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendukung rencana pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani dan nelayan. Rencananya tahun depan penyaluran KUR untuk kedua segmen itu akan diperbesar dibandingkan penyaluran KUR untuk pedagang.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi mengatakan, pihaknya tengah menyusun rencana tersebut. Meskipun begitu dirinya mengakui jika risiko kredit macet di kedua segmen tersebut lebih tinggi dibandingkan penyaluran KUR untuk jenis usaha lainnya.

"Sektor itu sebetulnya risikonya lebih tinggi tapi bagaimana kita memitigasinya kita mencoba dengan konsep inti plasma. Kita mencari offtaker-nya supaya flow barang dan uang jadi close loop," kata dia di Plaza Mandiri, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Dirinya menambahkan, offtaker akan menjamin jika hasil panen maupun tangkapan nelayan bisa dijual. Dengan begitu bank akan lebih tenang karena risiko hasil panen dan tangkapan dari para nelayan yang tidak terjual bisa dikurangi.

"Kita susah, kalau ada offtaker-nya kita punya kekuatan untuk melihat inflow dari hasil panennya. Tebu misalnya pabrik gulanya kita kerjasamakan. Offtaker berjalan sehingga value chain enggak putus sehingga risiko bisa kita minimalisasi," jelas dia.

Sementara itu, tahun depan Bank Mandiri membidik pertumbuhan kredit mikro lebih dari 15 persen. Berbagai macam segmen usaha yang produktif akan mulai diincar oleh bank plat merah itu agar bisa dibiayai.

"Semua sektor sudah dimasukkan (target tahun depan). Nelayan, pertanian, industri rumahan, restoran kontrakan, semua sudah masuk. Paling banyak di perdagangan, kelontong, toko pakaian jadi, restoran," pungkasnya.


(AHL)