Mendag: Saya Stres Harga Daging Ayam Cepat Turun

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 14 Jun 2017 04:48 WIB
panganharga ayam
Mendag: Saya Stres Harga Daging Ayam Cepat Turun
Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita. MTVN/Eko Nordiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga daging ayam menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H mengalami penurunan. Keadaan itu justru membuat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita stres.

Politikus Partai NasDem itu tak habis pikir penurunan ini terjadi telalu cepat. Dikutip dari laman info pangan, harga daging ayam di DKI Jakarta rata-rata mencapai Rp34.125 per ekor atau lebih rendah ketimbang harga tertinggi sebesar Rp45.000 per ekor di Pasar Pademangan Timur.

"Yang saya stres itu daging ayam turunnya terlalu cepat, ini bikin stres," kata Enggar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

Enggar menyebut penurunan harga ini karena kelebihan pasokan. Menurut dia, masalah ini akan dibicarakan lebih lanjut agar pemerintah memiliki solusi mengatasi penurunan harga yang terlalu dini itu.

"Jadi sekarang bukan bicara kenaikan. Produsennya kenaikan. Telur juga. Oversupply dari jumlah ternak dan jumlah petelur, jadi oversupply," ujar dia.

Ia tak akan menyetop produksi daging ayam dalam waktu dekat. Sebab, ia memikirkan nasib para peternak bila memangkas produksi ayam potong.

"Ya sekarang jangan dulu lah. Nanti lah abis Lebaran. Ini sekarang daging, kenapa daging sekarang belum afkir sudah dipotong? Telurnya bertelurnya terus. Telurnya bertelur terus, ayamnya dipotong jadi berlebih. Nah pusing kan. Maju kena mundur kena," kata dia.


(SCI)