BTN Optimistis NPL Susut di Bawah 3%

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 13 Jun 2017 16:35 WIB
btn
BTN Optimistis NPL Susut di Bawah 3%
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) optimistis bisa menyusutkan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) di bawah tiga persen pada semester satu tahun ini. Posisi NPL perseroan saat ini mencapai 3,34 persen di kuartal I-2017.

Menurut Direktur BTN Adi Setianto, posisi NPL BTN hingga Mei 2017 sebesar 3,04 persen. Angka kredit bermasalah mengalami penurunan.

"Kemarin 3,04 persen (Mei) gross trennya menurun. Kita nanti mudah-mudahan akhir semester ini di bawah tiga persen," ujar Adi, ditemui dalam acara 'Public Expose Penerbitan Obligasi BTN' di Thamrin Nine Ballroom‎, Jakarta Pusat, Selasa 13 Juni 2017.

Kondisi pasar dan ekonomi makro yang relatif stabil, hal itu membuat target tersebut bisa direalisasikan oleh perseroan. Beberapa strategi di antaranya menjalin kerja sama dengan partner bisnis perseroan untuk menyelesaikan aset bermasalah.

Perseroan juga, menurut Adi, akan mendorong nasabah bisa menabung melalui peringatan yang dikirimkan melalui pesan elektronik.

"Jadi nasabah yang ada pinjaman di BTN, sekarang sudah mulai ada sms notifikasi. Dulu kan kita mengejar untuk angsuran, sekarang kita mengejar untuk menabung. Minimal nabung sebulan dua bulan, angsuran berikutnya, dia akan aman," tutur Adi.

Hingga kuartal I-2017, BTN telah menyalurkan kredit sebesar Rp169,69 triliun. Jumlah itu naik sebesar 18,18 persen bilang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp143 triliun.

Perbaikan kualitas kredit pun ditunjukkan dengan perbaikan rasio NPL gross BBTN per 31 Maret 2017 menjadi sebesar 3,34 persen, atau menurun dari 3,59 persen di periode yang sama tahun sebelumnya.


(AHL)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA