Industri Hijau, JK: Kota Penuh Asap, Kota Terjelek di Dunia

Dheri Agriesta    •    Rabu, 16 Dec 2015 12:34 WIB
investasi hijau
Industri Hijau, JK: Kota Penuh Asap, Kota Terjelek di Dunia
Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah kota yang dipenuhi asap hitam selalu identik dengan kota maju karena perkembangan industrinya. Namun kini, kota yang penuh asap hitam dinilai menjadi kota terjelek di dunia. Sehingga industri hijau menjadi sebuah keharusan untuk kehidupan saat ini dan masa datang.

"Dewasa ini setelah lebih dari 100 tahun, kalau kota penuh asap kota terjelek di dunia. Semua serba berubah kehidupan kemajuan dan teknologi," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara penghargaan industri hijau, di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015).

Apalagi, dewasa ini seluruh negara industri dan negara dunia ketiga memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan dan meminimalisir perubahan iklim. Konferensi tingkat tinggi baru saja dilakukan di Paris, lebih dari 190 negara sepakat menjaga pemanasan global di bawah 2 derajat celcius.

Upaya itu, kata JK, untuk memperbaiki lingkungan agar pemanasan global tak menyebabkan musibah untuk generasi mendatang. Selain itu, industri hijau memberi manfaat untuk industri dan lingkungan.

"Karena itulah, maka apa yang kita rasakan saat ini adalah keharusan kita semua untuk menjaga sustainability lingkungan dan masyarakat kita sendiri," tegas JK.

Sebanyak 112 perusahaan yang terdiri dari industri semen, peleburan baja, tekstil, karet, makanan, pulp dan kertas, keramik, petrokimia, pupuk, crude palm oil (CPO), crude coconut oil (CCO), kosmetik, gula, dan pelumas. Berdasarkan hasil penilaian, Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan industri hijau kepada 102 perusahaan.

JK memberikan penghargaan yang dibagi dalam dua kategori. Di mana 59 perusahaan mendapatkan penghargaan level 5 dan 43 perusahaan penghargaan level 4.


(AHL)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

18 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA