Kadin: Revolusi industri 4.0 Dapat Hilangkan Profesi Teller Bank

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 12 Apr 2018 21:11 WIB
revolusi mental
Kadin: Revolusi industri 4.0 Dapat Hilangkan Profesi Teller Bank
Teller Bank . Medcom/Intan Fauzi.

Jakarta: Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menjelaskan pekerjaan teller bank dapat saja hilang, jika Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri tidak beradapatasi dengan teknologi.Hal tersebut merupakan dampak dari revolusi industri 4.0 yang akan diterapkan pada 2030.

"Teller bank akan hilang, jika kita tidak meningkatkan kemampuan dari tenaga kerja kita," ujar Ketua Kadin Indonesia Rosan Roselani di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Ia menambahkan, masyarakat harus menyikapi perubahan industri secara positif, karena akan menciptakan pekerjaan baru, terutama dalam bidang teknologi. Seperti halnya dengan aplikasi Go-Jek yang kini dapat menciptakan lapangan kerja baru.

"Dulu mana ada kita bisa pesan makan dari handphone kita, sekarang bisa pakai aplikasi Go-Jek. Itu penyerapan lapangan kerja lumayan," terang dia.

Senada dengan itu, wakil ketua umum Kadin bidang konstruksi dan infrastruktur Erwin Aksa menjelaskan dampak dari industri 4.0 adalah kesempatan perusahaan tradisonal untuk berkembang akan digantikan dengan robot. Dampaknya adalah adanya market baru dalam sektor digital.

"Usaha-usaha digital bidang makanan dan minuman akan tumbuh mengikutu kebutuhan yang besar untuk melayani masyarakat," tuturnya.


(SAW)