Selesaikan Masalah Internal

Satgas Garuda Indonesia tak Libatkan Manajemen-Asosiasi

Desi Angriani    •    Kamis, 07 Jun 2018 06:02 WIB
garuda indonesia
Satgas Garuda Indonesia tak Libatkan Manajemen-Asosiasi
Ilustrasi (MI/Amiruddin Abdullah)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk mengurai persoalan internal yang ada ditubuh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Adapun satuan tugas ini tidak melibatkan manajemen maupun asosiasi pekerja.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan satgas ini hanya melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kantor Staf Presiden (KSP) dengan dipimpin Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Purbaya Yudhi.

"Garuda Indonesia dan asosiasi tidak kita ikutkan. Mereka nanti kita akan minta pendapatnya apa sih selisih mereka," kata Luhut, di sela-sela acara buka puasa bersama wartawan, di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Menurutnya kedua belah pihak telah sepakat dengan format tersebut. Kesimpulan yang diperoleh nantinya disampaikan kepada Kementerian BUMN untuk kemudian ditindaklanjuti. Tentu ada harapan agar persoalan ini bisa ditekan sedemikian rupa sehingga operasional nantinya kembali berjalan seperti biasa.

"Saya kira ini tidak ada masalah serius. Hanya masalah komunikasi yang kurang baik. Tadi saya sudah ketemu dengan Kapten Bintang dari APG. Mereka juga sudah bersedia dengan time table yang kita usulkan," imbuhnya.

Terkait tuntutan pergantian direksi Garuda Indonesia, lanjutnya, pemerintah masih akan mengidentifikasi masalah internal maskapai pelat merah itu sehingga semua tuntutan asosiasi pekerja dapat diakomodasi dengan baik.

"Kita belum sampai ke situ (pembahasan tuntutan pergantian direksi). Kita masih identifikasi masalah. Nanti kita lihat dan butuh waktu berapa lama," ucap Luhut.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury berharap, satuan tugas yang dibentuk dapat menjadi jawaban atas persoalan internal yang menghadang maskapai pelat merah ini. "Baru kemudian diputuskan," pungkasnya.

 


(ABD)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

10 hours Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA