Bank Dunia Tawarkan Paket Dukungan Cepat Tanggap Bencana ke Indonesia

   •    Rabu, 10 Oct 2018 19:12 WIB
IMF-World Bank
Bank Dunia Tawarkan Paket Dukungan Cepat Tanggap Bencana ke Indonesia
Illustrasi. Dok;AFP.

Nusa Dua: Bank Dunia menawarkan paket dukungan cepat tanggap kepada pemerintah untuk menanggulangi dampak bencana. Bantuan ini dimaksudkan untuk membantu penanganan gempa di Lombok hingga bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Saya senang untuk menawarkan paket dukungan cepat tanggap kepada pemerintah, jika diperlukan. Dukungan ini tersedia jika diminta pemerintah," kata CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva usai pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu, 10 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan, paket yang diusulkan oleh Bank Dunia terdiri dari penambahan segera terkait perlindungan sosial yang ada dalam membantu mereka yang paling terkena dampak langsung bencana di Sulawesi.
 
Mereka juga bersedia memberikan dana darurat mandiri baru untuk membangun kembali fasilitas public yang penting dan aset infrastruktur, termasuk rumah sakit, sekolah, jembatan, jalan kampung, jalan raya, infrastruktur penyedia air bersih, dan memperkuat sistem pemantauan dan peringatan dini.

"Pendanaan terkait rekonstruksi dan rehabilitasi permukiman dan infrastruktur serta layanan di tingkat lingkungan. Program bantuan teknis untuk mendukung dan memandu seluruh paket," jelas dia.

Tak lupa, Kristalina juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Indonesia atas kerugian besar yang diderita akibat bencana di Lombok dan Sulawesi tersebut.

"Duka kami untuk para korban, pengungsi, dan keluarga serta semua orang-orang yang dicintai yang terkena dampak bencana," pungkasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA