31 Ribu Ton Impor Daging Kerbau akan Masuk Januari 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 07 Dec 2017 21:19 WIB
impor
31 Ribu Ton Impor Daging Kerbau akan Masuk Januari 2018
Illustrasi. ANT/Saiful Bahri.

Jakarta: Sebanyak 31 ribu ton impor daging kerbau akan masuk pada Januari 2018. Impor tersebut diklaim telah mengantongi izin dari pembahasan di tingkat rapat koordinasi terbatas (rakortas).

"Januari 2018 sudah dapat izin di tingkat rakortas untuk mengimpor daging kerbau 31 ribu ton. Kami masih menunggu teknis dari Kementerian Perdagangan. Diperkirakan stok daging kerbau akan aman sampai Idul Fitri," ujar Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Febriyanto ditemui di kantor pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Febriyanto, menjelaskan impor tersebut merupakan perpanjangan dari izin impor daging kerbau beku yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Namun jumlah impor tersebut masih bisa berubah tergantung penugasan dari pemerintah.

Baginya, Bulog tidak akan ada masalah meskipun izin impor yang diberikan di awal hanya sekitar 31 ribu ton. Pemerintah bisa memerintahkan Bulog mengimpor daging kapan pun.

"Enggak ada masalah sebetulnya. Kalau memang butuh kapanpun kan pemrintah bisa kasih izin impor ya kan. Karena izin kita impor di rakortas, rakortas tingkat menteri cepat," katanya.

Dirinya berharap dengan adanya proses impor ini Bulog akan melakukan peningkatan fasilitas cold storage. Namun demikian, Bulog masih bisa menggunakan fasilitas penyimpanan milik vendor.

"Terkait fasilitas kan tidak harus kami miliki sendiri. kan kita juga bisa menyewa menggunakan mitra dan vendor. Intinya stok jangan ada yang masuk bersamaan. Cold storage di Jabodetabek pun terbatas," ucapnya.

Lebih baik, lanjut Febriyanto, proses pemasukan daging kerbau beku berlangsung secara bertahap sesuai dengan jumlah pemakaian atau permintaan dari masyarakat.

Rata-rata penjualan daging kerbau beku sebesar 7.000-8.000 ton per bulan di seluruh Indonesia. Namun demikian masih banyak wilayah yang tidak menyukai daging kerbau

"(Penjualan) seluruh Indonesia, kecuali daerah memang masih menolak daging kerbau. Ada Jatim, Jateng, Lampung, Sumbar," pungkasnya.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA