Ada Biaya MDR, BCA tak Ingin Merchant Naikkan Harga

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 Dec 2017 15:36 WIB
bca
Ada Biaya MDR, BCA tak Ingin <i>Merchant</i> Naikkan Harga
Illustrasi (MI/IMMANUEL ANTONIUS).

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berharap para merchant tidak akan menaikkan harga barang karena adanya biaya merchant discount rate (MDR). Apalagi aturan MDR dari Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk menurunkan biaya yang selama ini tidak diatur.

"Ini sebetulnya yang kita tidak harapkan. BI sudah berupaya menurunkan dari interchange dari dua persen ke satu persen," kata Direktur BCA Santoso dalam media briefing di Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017.

Dalam aturan BI, transaksi on us atau menggunakan infrastruktur milik bank penerbit kartu maka akan dikenakan 0,15 persen. Sedangkan untuk transaksi off us atau menggunakan infrastruktur milik bank lain maka biaya yang dikenakan adalah satu persen.

"Dengan turunnya ke satu persen, ini industri secara positif mendorong transaksi. Karena memang saya pikir tindakan ini adalah win win, bank menyiapkan peralatan dalam rangka collection (uang cash) dari end cust merchant juga mendapat kemudahan," lanjut dia.

Dirinya menambahkan, dengan transaksi melalui EDC maka merchant tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengelola dana cash yang dimiliki. Selain itu, merchant juga terhindar dari berbagai risiko yang bisa saja muncul dalam rangka memindahkan uang dari store ke bank atau risiko lainnya.

"Kalau cash itu ada aspek keamanan, disimpan di toko juga ada risiko pencurian. Andai omzet Rp10 juta toh yang dibebankan hanya Rp15 ribu, kalau di bawah itu juga lebih kecil lagi. Kalau uangnya diantar ada uang bensin, ada uang parkir, ada risiko uang palsu atau tidak. Maka dengan ini tidak perlu waktu effort dari merchant," jelas Santoso.

Biaya MDR memang dibebankan kepada merchant dan tidak diperkenankan memindahkannya kepada nasabah. Dengan demikian, nasabah bisa menolak apabila merchant meminta biaya tambahan ketika bertransaksi.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA