Kinerja Bisnis Properti Masih Tumbuh Positif di 2017

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 26 Dec 2017 11:32 WIB
propertiperumahanbtnprogram sejuta rumah
Kinerja Bisnis Properti Masih Tumbuh Positif di 2017
Direktur Utama BTN Maryono (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Bogor: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) atau BTN menilai bisnis properti masih tumbuh baik pada 2017 ini. Kondisi tersebut tetap terjadi meski sektor usaha lainnya dinilai lesu sehingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi tidak mencapai seperti yang diinginkan.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, kinerja bisnis properti bisa dilihat dari pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui BTN. Sampai saat ini, BTN telah menyalurkan KPR untuk subsidi sebesar Rp68 triliun sedangkan yang nonsubsidi telah mencapai Rp65 triliun.

"Ini luar biasa peningkatannya. Secara keseluruhan pertumbuhan KPR subsidi bisa mencapai 35 persen, sedangkan untuk yang nonsubsidi 11 sampai 12 persen," kata dia, di Bogor, Jawa Barat, sebagaimana diberitakan Selasa, 26 Desember 2017.

Dirinya menambahkan, penurunan sektor usaha lain ternyata tidak diikuti oleh sektor properti yang tetap mencatatkan pertumbuhan positif. Hal ini kemudian berdampak pada kinerja perseroan yang tumbuh di atas rata-rata industri perbankan karena ditopang oleh bisnis perumahan.

"Kita bisa menjelaskan yang dikatakan properti mengalami penurunan tidak bisa dikatakan benar 100 persen. Ini yang dialami BTN (KPR) subsidi naik 35 persen, nonsubsidi tumbuh positif. Sektor perumahan juga beri sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi kita," jelas dia.

Selain itu, BTN menyebut Program Sejuta Rumah yang diinisiasi pemerintah bisa memberikan kontribusi terhadap bisnis properti. Apalagi BTN selaku bank penyalur terbesar, berharap jika program ini bisa semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kenyataannya BTN punya kontribusi paling besar karena punya pengalaman sistem, kemampuan. Kami tidak ragu-ragu dukung program pemerintah ini. Di dalam melaksanakan Program Sejuta Rumah bukan tidak berhasil, ini program yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat," pungkasnya.


(ABD)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA