Menaker Hanif Klaim Jumlah Pengangguran Turun

Roni Kurniawan    •    Rabu, 11 Oct 2017 20:45 WIB
pengangguran
 Menaker Hanif Klaim Jumlah Pengangguran Turun
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. MTVN/Roni Kurniawan.

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan angka pengangguran di Indonesia mengalami penurunan menjadi 5,3 persen pada 2017 ini. Penurunan tersebut yang paling rendah dibandingkan pada tahun 2016 jumlah pengangguran mencapai 6,18 persen.

"Pengangguran kita turun dari dari 6 18 persen sekarang jadi 5,3 persen ini adalah angka pengangguran terendah sejak era reformasi," kata Hanif saat ditemui usai membuka acara talkshow 'Inspiring Leader' di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Rabu 11 Oktober 2017.

Hanif mengaku, berkurangnya jumlah pengangguran di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal. Termasuk hadirnya transportasi online berbasis aplikasi yang mulai menjadi magnet masyarakat untuk mencari nafkah.

"Ya sedikit banyaknya tentu ada, tapi saya belum cek datanya," lanjut Hanif.

Namun Hanif mengaku, peran serta perusahaan diberbagai sektor dengan menghadirkan bursa kerja menjadi salah satu penyerapan tenaga kerja. Hal itu pun terus dikembangkan oleh Kemenaker agar setiap tahun penyerapan tenaga kerja terus meningkat guna menekan jumlah pengangguran.

"Pasti karena penciptaan lapangan kerja yang disebabkan oleh adanya investasi kemudian berkembang nya skema peningkatan keterampilan yang ada di masyarakat walaupun saat ini belum sangat Massive tapi setidaknya sudah ada perubahan," beber dia.

Akan tetapi Hanif mengaku masih akan melakukan rvaluasi pada setiap perusahaan. Pasalnya mayoritas tenaga kerja tidak sesuai dengan bidangnya saat berkecimpung di salah satu perusahaan.

"Sekarang lebih dipersoalkan adalah pada kualitas pekerjaannya harus kita evaluasi lagi," pungkas dia. 


(SAW)