Kartu Tani Bisa Dimanfaatkan untuk Verifikasi Penyaluran KUR

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 12 Oct 2017 07:31 WIB
pertanianlahan pertanianpetanikartu tani
Kartu Tani Bisa Dimanfaatkan untuk Verifikasi Penyaluran KUR
Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyebut Kartu Tani bisa menjadi salah satu verifikasi untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan begitu kartu ini tidak hanya bisa digunakan sebagai transformasi subsidi pupuk menjadi subsidi langsung.

"Dengan ada Kartu Tani itu, kami juga mulai verifikasi kemungkinan mereka mendapat KUR untuk masa tanam yang akan datang," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.

Hingga akhir tahun, pemerintah mendata akan ada 8,8 juta Kartu Tani yang disiapkan. Saat ini baru sekira 5,9 juta data petani yang sudah terverifikasi yang semuanya sudah menerima kartu agar subsidi lebih tepat sasaran kepada para petani.

Direktur BRI Sis Apik Wijayanto menambahkan, penyalurakn KUR dengan Kartu Tani akan lebih mudah karena penerima sudah terverifikasi. Bank sebagai penyalur KUR tidak harus memverifikasi ulang karena data di Kartu Tani sudah jelas.

Selain itu, adanya kartu tersebut juga memungkinkan data komoditas yang ditanam oleh petani dengan luas lahan tertentu yang sudah jelas. Dengan begitu bank juga akan dengan mudah memperkirakan kebutuhan dana untuk masa tanam.

"Sehingga kita tinggal verifikasi datanya bener enggak ini dalam sistem informasi pertanian, kita verifikasi. Kalau cocok misalnya dengan luasan 1,5 hektar kira-kira butuh biaya berapa. Dengan Kartu Tani terpolakan juga KUR-nya," jelas dia.

Sis Apik menegaskan jika dalam penyaluran pembiayaan ini nantinya bisa digunakan untuk biaya hidup tanaman dengan melakukan tarik tunai. Namun untuk pembelian pupuk, petani harus tetap melakukan transaksi secara nontunai.


(ABD)