Pembahasan Insentif Investasi Bakal Rampung Akhir Maret

Eko Nordiansyah    •    Senin, 12 Mar 2018 19:57 WIB
investasi
Pembahasan Insentif Investasi Bakal Rampung Akhir Maret
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok: AFP).

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan insentif bagi investasi akan diselesaikan pada akhir Maret. Insentif berupa relaksasi dan penyederhanaan pajak ini diharapkan bisa mendorong investasi di dalam negeri sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo.

"Itu masih butuh sekitar dua pekan lagi, tapi semua akan kami selesaikan. Karena ini akan dalam bentuk peraturan menteri keuangan,'' kata dia ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

Salah satu aturan yang akan disederhanakan adalah pemberian tax holiday. Dengan skema yang lebih pasti, pelaku usaha akan mendapatkan tax holiday 100 persen tanpa batasan jangka waktu. Namun saat ini pemerintah masih menentukan kriteria industri yang bisa mendapat relaksasi ini.

Selain itu, pemerintah juga akan menyederhanakan aturan tax allowance, penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari satu persen menjadi 0,5 persen, serta pengurangan pajak atas pengeluaran perusahaan melakukan riset dan pengembangan dan pelatihan vokasi.

"Termasuk usulan Kemendagri adalah super deduction. Kalau ada perusahaan melatih pekerja dengan pelatihan vokasi, maka bisa dapat super deduction. Semua regulasi ini akan diselesaikan sebelum akhir Maret karena akan diajukan kepada presiden secara bersamaan," jelas dia.

Dirinya menambahkan, semua upaya ini dilakukan pemerintah agar meningkatkan kepercayaan investor terhadap Indonesia. Bukan hanya investasi di industri besar, namun investor juga diharapkan berminat untuk menanamkan modal di industri kecil.

"Ini menunjukkan Indonesia punya karakter ekonomi yang beragam. Kerena itu kita juga perlu menarik investasi beragam untuk usaha seperti padat karya, orientasi ekspor, UKM, maupun perusahaan yang melakukan pelatihan,'' pungkas dia.


(SAW)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA