Perluas Investasi, Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Temui Ketua DPD

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 18 Jul 2017 09:01 WIB
berita dpd
Perluas Investasi, Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Temui Ketua DPD
Ketua DPD RI Oesman Sapta menggelar audiensi dengan Wakil Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Ilyas Magomed Salamovich Umakhanov dan Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzin (Foto:Dok.DPD RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPD RI Oesman Sapta menggelar audiensi dengan Wakil Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Ilyas Magomed Salamovich Umakhanov dan juga Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzin, pada Senin (17/7/2017), di ruang kerja Ketua DPD, Nusantara 3, Komplek Parlemen, Senayan.

Rombongan Umakhanov pun disambut langsung Ketua DPD RI, Oesman Sapta, serta Wakil Ketua DPD RI ,Nono Sampono dan dua senator dari Kaltim dan Kepri, Muhammad Idris dan Tanuwidjaya. Turut hadir Sekjen DPD RI Soedarsono Hardjosoekarto.

Dalam kesempatan tersebut, Umakhanov menyatakan pihaknya siap bekerja sama dan berinvestasi dengan Indonesia di bidang tambang batubara, pembuatan sistem pengolahan navigasi dan proyek migas di Indonesia. Secara eksplisit, Umakhanov memohon agar perusahaan perusahaan asal Rusia turut serta dalam tender dan berbagai proyek di Indonesia.

"Hubungan antara Indonesia-Rusia, selama ini telah terjalin dengan sangat baik dan harmonis baik secara pribadi dan formal antara pimpinan kedua negara. Atas hubungan baik ini, masih terdapat potensi besar yang dapat dikembangkan dan belum dimanfaatkan sepenuhnya. Kami berharap terciptanya perluasan dan berkembangnya investasi Rusia di Indonesia," papar Umakhanov, melalui keterangan tertulis.

Selain itu Umakhanov juga mendukung model kerja sama dan investasi langsung antara perusahaan-perusahaan Rusia dengan Pemda dari Indonesia seperti Gubernur Jawa barat yang akan berkunjung ke Rusia dan Kazakhstan dalam waktu dekat, serta pembangunan jaringan kereta api oleh perusahaan Rusia di Kalimantan Timur.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI Oesman Sapta mengaku senang dengan investasi kereta api perusahaan Rusia di Kaltim, hanya saja Oso, sapaan Oesman Sapta, mengingatkan agar Rusia tidak hanya masuk di bidang infrastruktur namun juga ke bidang industri yang memberi nilai tambah bagi produk mentah yg dimiliki oleh Indonesia.

"Rusia bisa menanamkan modal dan investasi serta transfer teknologi terbaru dibidang pertambangan dan industri alumunium mulai dari mengolah menjadi batang logam hingga lembaran alumunium atau industri turunannya," papar Oso.

Senator asal Kalimantan Barat ini pun menyampaikan bahwa China dan Inggris jaga sangat berminat didalam bisnis pertambangan dan industri alumunium. Karenanya, Oso mendorong pihak Kadin Rusia dan pihak Kadin Indonesia segera menangkap peluang ini dan secepatnya bertemu dan melakukan langkah kongkrit terkait kerjasama ini.

Pihak Rusia pun menyambut baik tawaran tersebut, dan segera akan meminta perusahaan Multinasional Rusia (Rusal atau Rusia Alumunium) untuk segera menindaklanjuti tawaran kerjasama dari ketua DPD RI. Di akhir pertemuan, Umakhanov pun mengundang ketua DPD RI untuk berkunjung ke Rusia dalam waktu dekat guna membahas kerja sama kedua negara di berbagai bidang.


(ROS)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA