Pemindahan Ibu Kota demi Pemerataan

   •    Rabu, 12 Jul 2017 09:43 WIB
pemindahan ibukota
Pemindahan Ibu Kota demi Pemerataan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan rencana pemindahan ibu kota negara dilakukan semata-mata agar pemerataan ekonomi bisa tercapai.

Pasalnya, saat ini seluruh urusan pemerintahan dan bisnis selalu tertuju ke Jakarta. Lebih ironis lagi, Jakarta bersama kota penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menyumbang 25 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB) atau seperempat ekonomi Indonesia.

Baca: Bappenas Usulkan Alokasi Anggaran Rp7 Miliar untuk Kaji Pindahkan Ibu Kota

"Jadi, dari segi strategi pembangunan perkotaan ada ketimpangan luar biasa. Jakarta menyumbang 18 persen dari PDB, dan digabung Bodetabek mencapai 25 persen dari PDB," ujar dia dalam raker dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Ia melanjutkan, dengan penumpukan seperti itu, Jakarta dan daerah sekitarnya diperkirakan pada saatnya berubah dari daerah pendorong ekonomi jadi daerah penghambat ekonomi. Ia mencontohkan jika nantinya banyak realestat dibangun di pantai utara seperti Cikarang dan Karawang, akan mengurangi lahan subur untuk sawah.



"Produksi beras jadi sulit gara-gara berkurang lahan subur. Ini contoh kecil adanya penumpukan." Soal anggaran, dia meminta tambahan Rp7 miliar dalam RAPBN-P 2017 untuk kajian pemindahan ibu kota.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menambahkan jajarannya tengah melakukan studi literatur pada Brasil, Amerika Serikat, Australia, dan Kazakhstan yang memindahkan ibu kota negara.

Studi literatur akan berkesinambungan dengan kajian yang dilakukan Bappenas. Jika hasil kajian sudah selesai pada tahun ini, bisa saja pada 2018 jajarannya sudah membuat maket calon ibu kota baru.

Mengenai lokasi ibu kota, Basuki menyebutkan Kalteng, Kaltim, dan Kalsel masih menjadi daerah yang dipertimbangkan untuk dipilih. (Media Indonesia)

 


(AHL)