Anies-Sandi Dinilai Mampu Dongkrak Industri Bisnis & Jasa di Jakarta

Desi Angriani    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:42 WIB
dunia usahaekonomi indonesia
Anies-Sandi Dinilai Mampu Dongkrak Industri Bisnis & Jasa di Jakarta
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dunia usaha menyambut positif terpilihnya calon Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno versi hitung cepat. Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyebut keduanya dianggap mampu mendongkrak industri bisnis dan jasa di Jakarta.

"Saya pikir untuk lingkungan industri kita positif. Ya latar belakang Sandi kan bisnis. kalau di Jakarta kebanyakan nanti kantor pusat bisnis dan jasa," ujar Airlangga, seusai menjadi pembicara di The Economist Events, Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Selain latar belakang dari kedua sosok itu, Airlangga menilai, proses demokrasi dalam penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta tahap dua juga memberikan sinyal positif terhadap dunia usaha. "Tentu proses demokrasi telah berjalan damai dan aman di mana kedua pasangan sudah saling berkomunikasi dan juga sudah ada penerimaan dari hasil hitung cepat kemarin," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Airlangga, proses investmen di sektor industri berjalan lancar selama Pilkada DKI Jakarta berlangsung. "Karena selama pemilu juga tidak ada yang terganggu, industri berjalan seperti biasa," tutur dia.

Hal serupa disampaikan Direktur Lippo Group John Riady. Dia mengatakan, kemenangan Anies-Sandi mencerminkan pilihan warga Jakarta. Dia yakin keduanya mampu memajukan dunia usaha.

"Untuk pengusaha baik kita paling penting stabilitas bahwa pilkada lancar yang menang senang yang kalah lapang dada. Sandi kan pengusaha dan mengerti apa yang kami inginkan untuk memajukan ekonomi," ungkap John.

Untuk menjaga stabilitas dunia usaha, John meminta Anies-Sandi membangun infrastruktur, mencegah banjir, dan mengurangi kemacetan di ibu kota. "Dengan begitu dunia usaha akan positif dan kami yakin mereka akan berusaha," tegasnya.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat tiga lembaga survei, pasangan Anies-Sandi unggul dari Ahok-Djarot. PolMark Indonesia merilis perolehan suara  Ahok-Djarot sebesar 43,67 persen sedangkan Anies-Sandi sebesar 56,33 persen.

Begitu pula dengan LSI Denny JA, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 44,7 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapatkan suara 55,3 persen. Hasil perhitungan SMRC mencatat perolehan suara Ahok-Djarot sebesar 41,17 persen sedangkan Anies-Sandiaga sebanyak 58,83 persen.

 


(ABD)