HSBC Indonesia Siap Dorong Literasi Keuangan

Angga Bratadharma    •    Kamis, 10 Aug 2017 12:00 WIB
hsbc indonesia
HSBC Indonesia Siap Dorong Literasi Keuangan
Ilusrasi (AFP PHOTO/FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank HSBC Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. HSBC Indonesia kini dapat membuka lebih banyak pintu peluang bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas, termasuk melalui program keberlanjutan atau sustainability.

Presiden Direktur HSBC Indonesia Sumit Dutta mengungkapkan, keberlanjutan bagi HSBC Indonesia adalah mengambil peran dalam membangun kehidupan yang berkelanjutan bagi masyarakat yang terkait. Ini adalah bagian dari tekad untuk turut membangun pertumbuhan sosio-ekonomi di Indonesia

"Bagian terbesar di program keberlanjutan HSBC Indonesia berporos di tema literasi keuangan karena kami percaya bahwa literasi keuangan merupakan salah satu kunci keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat," kata Sumit Dutta, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Sumit menambahkanm HSBC Indonesia menggelar beberapa program edukasi finansial yang dirancang bagi beragam segmen masyarakat baik di luar maupun di dalam institusi sekolah. Sebagai institusi finansial, HSBC ingin berkontribusi secara aktif.

"Dan pendekatan ini pada akhirnya diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan masyarakat yang melek finansial," katanya.

Fokus ini didukung oleh survei OJK di 2016 yang menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan Indonesia adalah 29,66 persen atau mengalami kenaikan sebanyak 7,82 persen dari 2013. Fakta ini menyisakan ruang untuk dapat bertumbuh lebih pesat.

Untuk itu, HSBC telah bermitra dengan sejumlah institusi sosial terpercaya, seperti Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk menggelar serangkaian program melek finansial yang termasuk dalam program HSBC Untuk Masyarakat Indonesia.


(ABD)