Bisnis Properti Berpotensi Lebih Tinggi di 2017

   •    Selasa, 11 Jul 2017 16:38 WIB
properti
Bisnis Properti Berpotensi Lebih Tinggi di 2017
Illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsultan properti Colliers International meyakini bahwa sektor properti di Indonesia semakin bergairah pada tahun 2017 karena sejumlah indikasi telah menyiratkan potensi perkembangan ke arah tersebut. Namun tantangan tetap ada pada sektor perkantoran karena banyaknya pasokan.

"Kami menyampaikan properti pada 2017 seharusnya lebih baik," kata Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, dikutip dari Antara, Selasa 11 Juli 2017.

Menurut Ferry, pertanda untuk ke arah tersebut meski secara umum dalam tingkat eksekusi atau penjualan atau penyewaan properti dinilai masih belum terlalu terlihat, tetapi dari segi minat sudah semakin kelihatan.

Dia juga mengakui bahwa pada saat ini, salah satu sektor yang paling berat dalam beberapa tahun terakhir adalah sektor perkantoran yang selama 2-3 tahun terakhir kelebihan pasokan.

Hal tersebut, lanjutnya, juga membuat pihak penyewa perkantoran dinilai memiliki opsi yang lebih banyak sehingga bisa mendapatkan harga yang sesuai keinginan mereka.

"Ini karena limpahan suplai ruang kantor yang banyak," jelas dia.  

Meski secara umum nilai asking rent  perkantoran di wilayah Jakarta meningkat, tetapi ada sejumlah bangunan terutama di kawasan sentrabisnis  central business district (CBD) yang memiliki tingkat Grade A atau premium yang tingkat harganya meningkat.


(SAW)