Pengusaha Logistik Minta Dispensasi Biaya Akomodasi Truk

   •    Jumat, 30 Nov 2018 10:37 WIB
infrastrukturjalan toltransjawa
Pengusaha Logistik Minta Dispensasi Biaya Akomodasi Truk
Penampakan area pembangunan Simpang Susun Krapyak berlangsung di titik pertemuan proyek Tol Semarang-Batang dan Tol Dalam Kota Semarang, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Jakarta: Ketua Asosiasi Logistik Zaldy Ilham menilai biaya akomodasi ekspedisi logistik untuk truk selama ini terlalu tinggi. Berdasarkan pengalaman melintas Tol Cipali, sedikitnya Rp250 ribu mesti dikeluarkan hanya untuk tol.

"Untuk rute Merak-Surabaya tanpa disepensasi khusus truk biaya tolnya bisa Rp1,2 juta sampai Rp2 juta per truk. Kalau menambah biaya sebesar itu hanya untuk tol saya rasa terlalu berat," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 30 November 2018.

Tingginya biaya akomodasi kendaraan ekspedisi untuk tol membuat Zaldy berharap ada dispensasi khusus. Terlebih jika tol Trans Jawa diutamakan untuk logistik mestinya tarif truk ekspedisi lebih murah ketimbang kendaraan lain. 

"Minimal kalau (rute) Jakarta-Surabaya bisa sama dengan mobil pribadi saya rasa masih oke," ungkapnya.

Baca juga: Jokowi: Tol Trans-Jawa Jateng Terhubung Desember 2018

Menurut Zaldy biaya akomodasi yang tinggi juga membuat sejumlah sopir truk ekspedisi lebih memilih menggunakan jalur alternatif ketimbang tol. Karenanya keberadaan tol Trans Jawa tak selamanya membantu.

Secara waktu Zaldy mengakui perjalanan ekspedisi via tol Trans Jawa memang lebih singkat. Taruhlah Jakarta-Surabaya yang hanya 2-3 hari atau Merak-Banyuwangi 3-4 hari bahkan bisa lebih singkat jika tanpa istirahat cukup memberi insentif positif. Namun karena pembayaran sopir dilakukan dengan sistem borongan, biaya tol kerap disimpan untuk keperluan lain seperti penginapan.

"Kalau ingin mengubah kebiasaan dengan tol cara pembayaran sopir juga harus diubah, tidak lagi borongan melainkan kontrak atau sistem karyawan. Dari situ mungkin pelan-pelan paradigmanya berubah. Tapi karena biayanya cukup tinggi Rp1,2 juta-Rp2 juta dampaknya ke biaya transportasi sangat besar," ungkapnya.




(MEL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA