Penunjukan Sadio Mane Bagus bagi Pariwisata Indonesia

Arif Wicaksono    •    Rabu, 07 Nov 2018 15:54 WIB
liverpoolwonderful indonesia
Penunjukan Sadio Mane Bagus bagi Pariwisata Indonesia
Sadio Mane. Dok : AFP.

Jakarta: Upaya memperkuat merek pariwisata indonesia yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menunjuk pemain sepakbola asal senegal, dari klub Liverpool sebagai duta wonderful Indonesia merupakan hal yang bagus.

Pakar marketing Hermawan Kertajaya mengatakan sepakbola merupakan olahraga nomor satu di dunia dan Indonesia. Dia juga mengatakan pemilihan atlet sepakbola menjadi hal yang bagus untuk memperkuat branding pariwisata Indonesia di level internasional.

"Bagus karena soccer nomor satu dan dia muslim," kata dia, ketika dihubungi Medcom, Rabu, 7 November 2018.

Pemilihan pemain beragama muslim untuk mewakili penduduk indonesia yang mayoritas beragama muslim. Selain itu jumlah penduduk mayoritas dunia juga beragama muslim.  "Mewakili mayoritas Indonesia," kata dia.

Dia menjelaskan memang ada pemain lain beragama muslim seperti Mohhamad Salah di Liverpool. Tetapi Mohamad Salah bisa jadi harganya lebih mahal ketimbang Sadio Mane. Dia pun menduga pertimbangan ekonomis membuat Kemenpar memilih Mane.

Selain itu pemilihan pemain dari Liverpool karena harganya bisa lebih murah ketimbang pemain dari Chelsea atau Manchseter United. Liverpool bukan klub besar seperti dua klub diatas yang selalu mendapatkan piala baik di domestik dan internasional dalam lima tahun terakhir.

Pemilihan klub dari Inggris juga untuk menarik wisatawan asal Inggris. Selama ini wisman asing dari inggris masuk peringkat 10 besar teratas dari wisman terbanyak yang datang ke Indonesia.  

"Turis Inggris juga berani spent (belanja) banyak," kata dia.

Data Agustus 2018 mencatat bahwa jumlah kunjungan wisman mancanegara mencapai 1,51 juta kunjungan. Dari jumlah itu kunjungan turis Tiongkok mencapai 14,24 persen, Malaysia 13,91 persen, Timor Leste, 11,24 persen, Singapura 10,13 persen, dan Australia 7,62 persen.

Kabar beredar Winger Liverpool, Sadio Mane, resmi ditunjuk  sebagai duta kampanye Wonderful Indonesia. Pemain bintang asal Senegal itu pun mengaku bangga bisa menjadi ikon promosi pariwisata untuk Indonesia.

Lewat sebuah video berdurasi 27 detik, Mane mengajak para netizen untuk merasakan keindahan pariwisata Indonesia. Ia pun sempat mengucapkan 'Apa kabar' dan 'Terima kasih' dalam bahasa Indonesia.

"Apa kabar. Saya senang mewakili Indonesia sebagai duta mereka. Silakan ikut dengan saya untuk berbagi tentang keindahan Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Terima kasih," ujar Mane.

 


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA