BNI Syariah Catat Pembiayaan Ekonomi Kreatif Capai Rp300 Miliar

Desi Angriani    •    Sabtu, 10 Mar 2018 07:33 WIB
bnibni syariah
BNI Syariah Catat Pembiayaan Ekonomi Kreatif Capai Rp300 Miliar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

Jakarta: PT Bank BNI Syariah menargetkan penyaluran pembiayaan ke sektor ekonomi kreatif sebesar dua persen dari total target pembiayaan di 2018. Hingga kini, anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI ini baru menyalurkan Rp300 miliar atau sebesar 1,2 persen.

"Outstanding pembiayaan ke sektor ekonomi kreatif Rp300 miliar atau baru 1,2 persen dari total portofolio pembiayaan BNI syariah," kata Direktur Bisnis BNI Syariah Dhias Widhiyati, saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 9 Maret 2018.

Menurutnya angka tersebut tidak tumbuh signifikan tapi di sisi lain tingkat kualitas pembiayaan sudah relatif baik. Beberapa sektor ekonomi kreatif yang paling gencar digarap antara lain sektor kuliner, sektor fesyen, dan periklanan.

"Kalau total secara keseluruhan aku belum bisa sebutkan ya, sektor kuliner juga kita biayai besar," tuturnya.

Namun masih ada beberapa sektor ekonomi kreatif yang belum tersentuh seperti animasi dan games. Sebab itu, BNI syariah bersama Bekraf menggelar kompetensi bertema 'Deureuham: Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia 2018' guna mendorong pelaku usaha ekraf berbasis syariah dalam mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah.

"Deureuham merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap pelaku ekonomi kreatif untuk memperoleh akses pembiayaan usaha yang lebih mudah sesuai kriteria serta memberikan pembekalan produk-produk perbankan dan pengelolaan keuangan sesuai dengan prinsip syariah yang menjangkau kebutuhan para enterpreneur," tutupnya.


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA