Penurunan Ekspor jadi Tugas Pemerintah

Desi Angriani    •    Selasa, 15 May 2018 20:48 WIB
ekspor
Penurunan Ekspor jadi Tugas Pemerintah
Menteri Keuangan Sri Mulyani. ( DOk: AFP).

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai realisasi ekspor yang turun 7,19 persen atau sebesar Rp14, 47 miliar pada April 2018 masih dibatas wajar alias sehat. Pasalnya, secara tahunan realisasi ekspor masih mengalami peningkatan sebesar 9,01 persen.

"Pertumbuhannya (yoy) di atas sembilan persen itu masih menunjukkan suatu tren yang masih sangat sehat," ujar Ani sapaannya ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Menurutnya ekspor itu masih bisa dipacu jika pemerintah menggenjot diversifikasi dari komoditas maupun daerah tujuan ekspor seperti produk manufaktur.

Sementara itu tingginya realisasi impor hingga tumbuh 34 persen atau mencapai USD16,09 miliar menunjukan tingginya kebutuhan industri dan aktivitas ekonomi dalam negeri.  Sebab kata Ani, impor itu berasal dari konsumsi bahan baku dan barang modal.

"Artinya positif interpretasinya adalah ini menunjukkan sektor produksi sedang bergerak dan confirm dengan orang impor bahan baku dan barang modal," imbuhnya.

Untuk komoditas konsumsi barang impor yang melebihi 30 persen diyakini bersifat sistematis. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor mendekati puasa, lebaran dan event internasional seperti Asian Games 2018 serta pertemuan tahunan IMF-World Bank.

"Kemudian menimbulkan permintaan konsumsi barang impor. Tapi saya berharap itu bisa dikonpensasi dengan ekspor kita yang meningkat," imbuh dia.

Ani menegaskan kondisi tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk memperbaiki keseimbangan eksternal antara industri, komoditi, dan daerah tujuan ekspor. Perbaikan tersebut dilakukan lewat peluncuran sejumlah kebijakan seperti tax holiday, tax allowance serta insentif fiskal bagi industri kecil.

"Jadi poin saya adalah hasil dari ini memberikan pekerjaan rumah pada pemerintah untuk kerja lebih keras," tegas Ani.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA