LRT Jakarta tak Akan Rampung sebelum Asian Games

Dheri Agriesta    •    Rabu, 11 Apr 2018 16:32 WIB
asian games 2018lrtproyek lrt
LRT Jakarta tak Akan Rampung sebelum Asian Games
Ilustrasi LRT. (FOTO: ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta: Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pertemuan itu membahas perkembangan pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan Asian Games 2018, salah satunya light rapid transit (LRT).

"Adhi Karya melaporkan tentang progres light train dan juga ada masalah-masalah," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 11 April 2018.

Kalla mengatakan, proyek pembangunan LRT masih memiliki beberapa masalah administrasi pembebasan lahan. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah pun diminta bekerja sama menyelesaikan permasalahan ini.

Masalah yang ada membuat LRT tak bisa digunakan selama perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta. Kalla menyebut, sisa waktu empat bulan tak mungkin menyelesaikan pembangunan proyek itu.

"Tidak bisa (selesai), Asian Games itu sisa empat bulan, ya memang hanya LRT yang di Kelapa Gading itu sebagian hanya berapa kilo, tapi saya kira tidak terlalu mendesak," kata dia.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan pilihan lain untuk mobilisasi atlet menuju lokasi penyelenggaraan. Peserta Asian Games bisa menggunakan bus menuju venue yang tersebar di Kemayoran, Senayan, dan Sunter.

"Oleh karena itu harus diberikan jalur khusus (buat bis Asian Games)," kata dia.

Selain itu, pemerintah daerah pun berencana meliburkan anak sekolah selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal ini masih dibahas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Dulu rencananya hanya terbatas sekolah yang ada di sekitaran Senayan atau di sekitar lokasi. Tapi ini kita lihat kondisi daripada DKI bagaimana," jelas Kalla.

 


(AHL)