Pemerintah Inisiasi Pembangunan Data Center Terintegrasi IRODCO

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 20 Jan 2017 16:03 WIB
kementerian pekerjaan umum
Pemerintah Inisiasi Pembangunan Data <i>Center</i> Terintegrasi IRODCO
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Polri baru-baru ini telah memulai proses pembangunan dan pengembangan Data Center Terintegrasi atau Integration Road Data Center Operation (IRODCO).

Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Herry Vaza mengatakan pembangunan Data Center Terintegrasi IRODCO diinisiasi oleh pihaknya melalui program hibah Korea International Cooperation Agency (KOICA). IRODCO merupakan sebuah konsep sistem penyimpanan basis data jalan terintegrasi dalam sebuah pusat penyimpanan (Data Center).

"Data jalan dari berbagai institusi penyelenggara jalan nantinya dapat disimpan, diolah, dan dikelola untuk dijadikan informasi dengan nilai tambah di dalamnya," ujar Herry dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Dalam kesempatan itu, Herry menjelaskan pembangunan Data Center Terintegrasi IRODCO terbagi dalam beberapa tahapan dengan total waktu pelaksanaan hingga 35 tahun. Setelah menyelesaikan penyusunan Master Plan pada 2015, selanjutnya mulai 2016 hingga awal 2017 merupakan fase krusial dari rangkaian project IRODCO yaitu pelaksanaan pilot project dengan mengambil lokasi di Kota Bandung.

Melalui bantuan para tenaga ahli dan didukung perangkat teknologi informasi terbaru dari Korea, IRODCO mencoba membuat simulasi sistem satu database data jalan di Kota Bandung. Proyek ini bekerja sama dengan dinas terkait di Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa barat.

Data Jalan Kota Bandung dikumpulkan dalam pusat Pusjatan untuk dapat dibagi kembali kepada institusi Pemda di Tingkat Provinsi Jawa Barat, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri. Apabila pilot project IRODCO di Bandung berhasil, akan dilanjutkan implementasi IRODCO skala nasional.

Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengapresiasi kerja sama Pusjatan Kementerian PUPR dan KOICA dalam membangun Data Center Terintegrasi IRODCO. Danis berharap, nantinya IRODCO dapat menyediakan data jalan yang terintegrasi, terkini, dan akurat sehingga dapat bermanfaat untuk membantu proses pengambilan keputusan yang tepat.

Danis mengingatkan setelah Data Center Terintegrasi IRODCO terbangun, yang tidak kalah pentingnya diperhatikan adalah pengelolaannya. Pusjatan harus segera menyiapkan sumber daya manusia yang andal sehingga pengelolaan Data Center Terintegrasi IRODCO terus berlangsung.

"Kegiatan capacity building yang relevan dengan pengelolaan Data Center Terintegrasi IRODCO harus  ditingkatkan," kata Danis.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA